visitaaponce.com

Garuda Muda Ditargetkan Lolos Fase Grup di Asian Games 2022

Garuda Muda Ditargetkan Lolos Fase Grup di Asian Games 2022
Pelatih U-24 Indra Sjafri(MI/Briyanbodo Hendro)

Timnas U-24 Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2022 Hangzhou, Tiongkok, ditargetkan untuk lolos fase grup. Durasi waktu persiapan yang minim tak menjadi persoalan karena sejumlah pemain sudah memiliki menit bermain di liga dan sebagian pemain yang dipanggil sudah banyak bermain bersama di timnas Indonesia.

"Target kami bertahap, kami konsen dulu di grup. Setelah itu kita lihat hasilnya baru kita bikin target baru," kata Pelatih Timnas U-24 Indra Sjafri usai memimpin latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (15/9).

Saat ini, baru 15 pemain yang sudah bergabung dalam pemusatan latihan di Jakarta. Tujuh pemain lainnya akan bergabung setelah bermain di Liga 1 akhir pekan ini. Pemain yang membela klubnya di Liga 1 bakal menyusul dengan rombongan besar Tim U-24 yang diagendakan berangkat pada Sabtu (16/9).

Baca juga: Indra Sjafri Rilis 22 Nama Pemain yang Dibawa ke Asian Games 2022

"Jadi dari diskusi dengan klub, untuk pemain-pemain yang masih bermain pada 15 dan 16 September, pihak klub mau melepas pemain apabila sudah bermain dulu. Saya menyetujui (keputusan) itu dengan segala risiko, karena kepentingan timnas memang penting tapi kepentingan klub juga kita jaga," katanya.

Indra mengapresiasi semua klub yang rela melepaskan para pemain demi membela Indonesia di turnamen yang tidak masuk kalender FIFA. Menurutnya komunikasi menjadi faktor penting agar klub mau melepas para pemainnya itu.

Baca juga: PSSI dan Klub Cari Jalan Tengah terkait Timnas untuk Asian Games 2022

"Kita dengan klub sangat memahami bahwa ini bukan agenda FIFA yang mereka wajib memberikan pemainnya. Oleh sebab itu, arahan dari Ketum PSSI Pak Erick Thohir, lakukan diskusi sebaik mungkin dengan klub," kata dia.

Indra tak mempermasalahkan persiapan tim yang sangat terbatas. Garuda Muda hanya melakoni pemusatan latihan selama sepekan jelang bertempur di Asian Games 2022.

"Ini kan pemain-pemain yang sudah mengikuti kompetisi yang panjang. 80% mereka adalah pemain-pemain yang bermain di kompetisi," kata Indra.

Selain itu, pemain juga dalam kondisi baik. Indra hanya tinggal menyatukannya dalam skenario strategi di persiapan akhir. "Bahkan pemain ada yang belum bergabung, kami memberanikan diri untuk membawa tim ini. Kenapa? Karena mereka adalah pemain-pemain yang sudah disiapkan dengan baik di klub," jelas Indra Sjafri.

Pelatih tim U-24 Indonesia Indra Sjafri telah merilis 22 pemain yang akan berlaga di ajang multicabang se-Asia itu. Indonenesia tergabung di Grup F bersama Kirgiztan, Korea Utara dan Taiwan. Kirgizstan akan menjadi lawan pertama pada 19 September, kemudian melawan Taiwan pada 21 September, dan laga penentu melawan Korea Utara pada 24 September. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat