visitaaponce.com

Debutan Marc Guiu Antar Barcelona Menang Atas Athletic Bilbao

Debutan Marc Guiu Antar Barcelona Menang Atas Athletic Bilbao
Barcelona meraih kemenangan 1-0 atas Bilbao dimenit terakhri melalui tendangan debutan remaja Marc Guiu.(AFP)

DEBUTAN remaja Marc Guiu mengatakan tidak akan bisa tidur setelah membantu juara Barcelona meraih kemenangan 1-0 atas Athletic Bilbao hanya beberapa detik setelah masuk sebagai pemain pengganti di La Liga. Kemenangan itu membawa Catalan ke peringkat ketiga.

Tim asuhan Xavi Hernandez itu akan menghadapi pemimpin klasemen Real Madrid pada hari Sabtu depan dalam laga Clasico dengan selisih satu poin saja dari rival mereka. Girona yang berada di posisi kedua, yang sebelumnya mengalahkan Almeria dengan skor 5-2.

Untuk waktu yang cukup lama, tampaknya Barcelona tidak akan menemukan celah melawan tamu mereka dari Basque. Tetapi penyerang Guiu, 17, mencetak gol dalam waktu kurang dari satu menit setelah dimasukkan Xavi. 

Baca juga: Bellingham Klaim Pindah ke Real Madrid Buat Dirinya Berkembang Pesat

Penyerang muda ini diumpan Joao Felix dan mengirimkan bola melewati Unai Simon, yang sempat menyentuh bola tembakannya namun tidak bisa menghentikannya. "Malam ini saya tidak akan bisa tidur," kata Guiu kepada DAZN.

"Saya tidak bisa mempercayainya, saya hampir tidak bisa bernapas, saya sedang menikmati momen ini."

Baca juga: Presiden Barcelona Didakwa Terkait Skandal Wasit

Guiu menjadi salah satu dari sejumlah pemain muda yang membuat debut untuk Barca, karena akademi La Masia terus menghasilkan talenta. "Saya terkejut bahwa mereka tidak takut, saya melihat mereka bersemangat, mereka melihat saya dengan wajah yang mengatakan 'Biar saya bermain, Anda akan melihat bahwa ini akan berjalan dengan baik'," kata Xavi.

"Saya melihat hal itu dengan Gavi, Balde, Lamine, Fermin, dan dengan Marc, dia tidak terlihat takut."

Xavi memulai Inigo Martinez di lini belakang melawan mantan klubnya dan memasang Fermin Lopez yang berusia 20 tahun di sisi kiri serangan, yang juga merupakan produk akademi. Pemilihan mereka karena Barcelona memiliki pemain inti yang absen akibat cedera, termasuk striker utama Robert Lewandowski.

Felix hampir mengenai mistar gawang, namun tuan rumah tidak bisa mengejar gol dalam babak pertama melawan Athletic yang ditangani mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, yang berhasil mengurangi intensitas permainan dan kadang-kadang melancarkan serangan dengan kedua saudara Williams yang mengancam dari sisi lapangan.

Marc-Andre ter Stegen menggagalkan usaha Inaki Williams dan kemudian menggagalkan tendangan pemain Ghana tersebut, dengan Martinez menghasilkan blok yang luar biasa untuk mencegah saudaranya, Nico, mencetak gol dari rebound.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-60, Barcelona menciptakan peluang terbaik mereka, ketika Simon dengan brilian menggagalkan Lopez dari jarak dekat, setelah awalnya melakukan penyelamatan dari tendangan rendah Felix.

Kemudian, Felix memberi umpan kepada pemain pengganti Lamine Yamal di dalam kotak penalti, tetapi pemain berusia 16 tahun itu melewatkan tembakan yang melebar dari tiang gawang.

Kedatangan remaja tersebut membantu Barcelona mengambil kendali pertandingan, dan Joao Cancelo adalah yang berikutnya yang mengancam Simon.

Dampak Instan

Xavi memasukkan Guiu pada menit ke-79 dan dengan sentuhan pertamanya, ia berhasil masuk ke dalam kotak penalti dan kemudian dengan percaya diri mencetak gol melewati Simon. "Ini adalah hari terbaik dalam hidupnya, pasti," tambah Xavi.

Penuh energi, penyerang tersebut kemudian diberi kartu kuning karena upaya tekel yang mengenai kiper saat ia mencoba menghentikan pemain tersebut dari membersihkan bola, dan ia didukung oleh penonton yang bergembira. "Hari ini kami merebut dua poin dari Madrid dan sangat penting untuk memenangkan Clasico ini karena kami bermain di kandang," tambah Xavi.

Kemenangan Barcelona mengangkat mereka di atas Atletico Madrid yang berada di peringkat keempat, sementara Athletic yang dilatih Valverde berada di peringkat keenam. "Saya merasa kesal karena bola melewati saya dan mungkin saya bisa melakukan lebih banyak," kata Simon kepada DAZN.

"Kami sangat ingin mendapatkan tiga poin untuk menghasilkan selisih yang besar di atas posisi ketujuh."

Sebelumnya, Girona menghancurkan Almeria yang berada di dasar klasemen setelah berhasil bangkit dari tertinggal dua gol. Tim Catalan ini melanjutkan musim yang luar biasa, menyamakan poin dengan pemimpin klasemen Real Madrid dengan 25 poin setelah 10 pertandingan, setelah Los Blancos bermain imbang 1-1 melawan Sevilla pada hari Sabtu.

Almeria, yang masih mencari kemenangan pertama musim ini, unggul ketika Leo Baptistao mencetak gol setelah dua menit dan kemudian mencetak gol lagi di pertengahan babak pertama untuk menggembirakan pelatih Gaizka Garitano dalam pertandingan perdananya.

Namun, Girona yang diasuh oleh Michel merespons dengan serangan luar biasa dalam enam menit sebelum jeda, yang dimulai oleh Ivan Martin pada menit ke-37 setelah sebelumnya golnya dianulir karena offside.

Artem Dovbyk mencetak dua gol dengan finishing yang bagus pada menit ke-39 dan ke-43 untuk membawa tuan rumah memimpin. Winger Brasil Savinho dan pemain pengganti Cristhian Stuani menutup pertandingan dengan hasil yang mengesankan. (AF/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat