visitaaponce.com

Shakhtar Donetsk Sukses Kejutkan Barcelona

Shakhtar Donetsk Sukses Kejutkan Barcelona
Para pemain Shakhtar Donetsk melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona di laga Liga Champions.(AFP/Axel Heimken)

BARCELONA menyerah 1-0 dari Shakhtar Donetsk di laga Liga Champions, Rabu (8/11) dini hari WIB yang menjegal upaya Blaugrana meraih tiket dini ke babak sistem gugur kompetisi antarklub Eropa itu.

Gol sundulan Danylo Sikan di menit 40 memastikan Shakhtar meraih kemenangan tidak terlupakan atas anak-anak asuhan Xavi Hernandez saat juara La Liga itu gagal menyulitkan lawan mereka asal Ukraina itu.

Barcelona masih memuncaki klasemen Grup H dengan keunggulan atas Porto, yang akan menjamu Royal Antwerp di laga yang lebih larut. Jika menang, Porto bisa menyamai raihan poin Barcelona, sembilan.

Baca juga: Pendukung PSG Ditusuk Jelang Laga Liga Champions di San Siro

"Ini adalah kekalahan yang berat. Kami ingin meraih tiket ke babak sistem gugur namun gagal hari ini," ujar gelandang Barcelona Oriol Romeu.

"Kami harus bisa memperbaiki diri dan memberi lawan lebih sedikit kesempatan. Kami harus mencari solusi karena hasil ini membuat semuanya menjadi rumit," lanjutnya.

Romeu mengatakan para pemain Barcelona harus melihat ke diri sendiri atas hasil mengecewakan pada hari ini.

Baca juga: Menang Atas Newcastle, Dortmund Puncaki Klasemen Grup F

"Setiap kekalahan adalah peringatan. Kami harus bisa mengkritik diri sendiri dan melihat apa yang salah untuk kemudian memperbaikinya," tegas Romeu.

Setelah gagal melaju dari babak penyisihan grup Liga Champions selama dua tahun sebelumnya, Barcelona memandang laga melawan Shakhtar sebagai peluang besar untuk mengobati kekecewaan itu saat kompetisi masih menyisakan dua laga lagi.

Namun, Shakhtar, yang menjadikan Hamburg sebagai kandang mereka akibat invasi Rusia ke Ukraina, sukses tampil gemilang sejak awal laga.

Anak-anak asuhan Marino Pusic sukses membuat tumpul para pemain Barcelona yang hanya berhasil melepaskan satu tembakan tepat sasaran sepanjang laga.

Shakhtar memaksa Marc-Andre ter Stegen melakukan penyelamatan di awal laga saat kiper Jerman itu menahan upaya Mykola Matviienko yang sukses melewati Joao Cancelo.

Ilkay Gundogan dan Raphinha berusaha melepaskan tendangan jarak jauh yang masih melenceng dan Robert Lewandowski tampil buruk.

Mantan penyerang Bayern Muenchen itu telah gagal mencetak gol di enam penampilan terakhirnya bersama Barcelona, rekor terburuknya dalam lebih dari satu dekade.

Tim tuan rumah meriah keunggulan bebreapa menit sebelum jeda ketika Giorgi Gocholeishvili memanfaatkan bek kiri Barcelona Marcos Alonso yang salah posisi.

Dia kemudian melepaskan umpan kepada Sikan, yang mengalahkan Andreas Christensen dalam duel udara dan melepaskan sundulan yang tidak bisa ditahan Ter Stegen.

Skor 1-0 untuk keunggulan Shakhtar atas Barcelona bertahan hingga jeda.

Pemain muda Brasil Shakhtar, Newerton, berhasil menjebol gawang Barcelona menjelang laga berakhir namun dianulir karena offside.

Juara Liga Ukraina itu pun berpesta usai dipastikan menang tipis atas Barcelona. Mereka kini hanya tertinggal tiga poin dari Barcelona, yang akan menjamu Porto di laga Liga Champions berikutnya pada 28 November mendatang. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat