visitaaponce.com

Profil Paulo Fonseca, Pelatih Baru AC Milan

Profil Paulo Fonseca, Pelatih Baru AC Milan
Pelatih baru AC Milan, Paulo Fonseca(Dok. IG @paulofonseca_oficial)

AC Milan mengonfirmasi penunjukan Paulo Fonseca sebagai pelatih kepala. Berikut profil singkatnya.

Bernama lengkap Paulo Alexandre Rodrigues Fonseca adalah mantan pemain sepak bola asal Portugal dan berposisi sebagai bek tengah. Ia lahir pada 5 Maret 1973 di Nampula (Mozambik).

Sepanjang karier bermainnya di Primeira Liga, Fonseca tampil dalam 111 pertandingan dan mencetak tiga gol selama tujuh musim, terutama untuk klub Estrela da Amadora. 

Baca juga : AC Milan tunjuk Paulo Fonseca Sebagai Pelatih Baru

Paulo Fonseca memulai karier kepelatihan pada 2005 di Estrela da Amadora sebelum mengambil posisi pelatih di sepak bola profesional Portugal.

Dia mencatatkan penampilan pertamanya pada pertandingan papan atas bersama Paços de Ferreira. Saat itu, dia berhasil membawa timnya lolos ke Babak play-off Liga Champions. 

Fonseca bergabung dengan Porto pada 2013 dan memenangkan Supertaça yang menjadi trofi pertamanya sebagai pelatih. 

Baca juga : AS Roma vs AC Milan, Giallorossi Melaju ke Semifinal Liga Europa

Selanjutnya, ia bergabung dengan Braga dan berhasil meraih gelar Taça de Portugal. Fonseca lalu bergabung dengan Shakhtar Donetsk

Di klub Ukraina itu, dia memenangkan tujuh trofi dan mencatatkan rekor 103 kemenangan dalam 139 pertandingan.  Di bawah kepemimpinannya, Shakhtar Donetsk tiga kali meraih gelar juara Ukrainian Premier League.

Pada 2019, Fonseca menapakkan kakinya di sepak bola Italia ketika pindah ke AS Roma dan berhasil menembus semifinal Liga Eropa pada 2021. 

Fonseca tercatat sebagai pelatih kepala di klub Prancis, Lille OSC sejak musim panas. Pada 2022, Fonseca telah menyelesaikan tugasnya di Prancis setelah dua musim. Dia dua kali berkontribusi dalam lolosnya Lille ke kompetisi Eropa.

Pelatih asal Portugal itu kini bergabung dengan AC Milan dengan kontrak berdurasi tiga tahun. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat