visitaaponce.com

Shaktar Donetsk Mulai Gelar Tur Perdamaian

Shaktar Donetsk Mulai Gelar Tur Perdamaian
Para pemain Shakhtar Donetsk mengenakan bendera Ukraina di bahu mereka menjelang laga persahabatan melawan Olympiakos.(AFP/ANGELOS TZORTZINIS)

MENGENAKAN jersey yang menampilkan nama kota-kota Ukraina yang melakukan perlawanan terhadap invasi Rusia serta slogan berbunyi 'Stop War', Shakhtar Donetsk berhadapan dengan Olympiakos, Sabtu (9/4), saat tim Ukraina itu melakukan lawatan pertama dalam Tur Sepak Bola untuk Perdamaian mereka.

Sekitar 5 ribu penonton, termasuk beberapa ratus penonton asal Ukraina menonton laga yang berakhir 1-0 untuk kemenangan Olympiakos.

Dengan tiket dijual seharga 10 euro, seluruh keuntungan dari penjualan tiket itu akan disumbangkan untuk membantu jutaan warga Ukraina yang melarikan diri dari negara mereka.

Baca juga : Puan akan Hadiri Sidang Umum Forum Parlemen Dunia di Swiss Bahas Isu Perdamaian

Mainan, yang akan disumbangkan kepada anak-anak pengungsi, diletakkan di ratusan kursi di dalam Stadion Karaiskaki.

Namun, laga itu diboikot oleh kelompok pendukung Olympiakos, Gate 7.

"Perang yang telah dimulai sejak 2014 telah distigmatisasi oleh kejahatan yang dilakukan kedua belah pihak dan harus segera dihentikan. Keterkaitan kami dengan tim lain tidak boleh kami memihak pihak mana pun dalam perang itu," tegas Gate 7 dalam pernyataan remsi.

Baca juga : Spurs Sepakat Datangkan Winger Asal Israel

Meski begitu, kedua tim menggarisbawahi pentingnya laga persahabatan itu.

"Kami sangat bangga menggelar laga ini untuk meningkatkan kesadaran mengenai perang di Ukraina. Kami menggunakan sepak bola untuk perdamaian," ujar Direktur Olahraga Olympiakos Christian Karembeu.

"Kami ingin bebricara mengenai perang dan damai di Ukraina lewat laga ini. Kebutuhan untuk mengakhiri kegilaan dan kembali ke kehidupan normal sangat tinggi," timpal General Manager Shakhtar, Sergei Palkin.

Baca juga : Konflik Rusia-Ukraina, Tiongkok Ungkap Kendala Wujudkan Negosiasi Perdamaian

Sebelum pertandingan, dilakukan mengheningkan cita bagi korban perang di Ukraina. Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias, yang hadir dalam pertandingan itu, mengatakan sangat penting melihat tur perdamaian klub Ukraina itu dimulai di Yunani.

"Malam ini, kami mengirimkan pesan melawan perang," ujar Direktur Komunikasi Oympiakos Nikos Gavalas.

Shakhtar akan melanjurkan tur perdamaian mereka di Gdansk melawan Lehya pada 14 April, di Istanbul melawan Fenerbahce pada 19 April, dan melawan Hajduk di Split pada 1 Mei. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat