visitaaponce.com

Asnawi Dkk Harus Lebih Baik di Laga Kedua Hadapi Filipina 21 November

Asnawi Dkk Harus Lebih Baik di Laga Kedua Hadapi Filipina 21 November
Asnawi Mangkualam (tengah) dan timnas Irak Merchas Doski saat kualifikasi FIFA World Cup AFC 2026 di Irak, Kamis (16/11).(AFP/Hussein Faleh)

TIMNAS Indonesia menelan pil pahit kalah dari Irak pada laga pertama Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan harus menyerah 1-5 dari Irak pada laga yang berlangsung di Stadion Internasional Basra, Irak, Kamis (16/11) malam.

Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Shayne Pattynama di penghujung akhir babak pertama. Menanggapi hasil itu, pelatih Shin Tae-yong menegaskan skuad Garuda harus lebih baik pada laga kedua melawan Filipina.

"Mereka (Irak) bermain baik di pertandingan ini. Dapat saya katakan, kami akan berusaha tampil lebih baik di laga kandang kami nanti," bukanya.

Baca juga : Timnas Indonesia Dicukur Irak 1-5

Indonesia bermain baik di babak pertama namun kemudian kondisi berubah di babak kedua dari tertinggal 2-1 menjadi 5-1.

Irak membuka keunggulan pada menit ke-20 melalui Bashar Resan. Berselang 15 menit, Jordi Amat melakukan gol bunuh diri yang membuat Irak unggul 2-0.

Baca juga : Uruguay Kalahkan Argentina, Diaz Pimpin Kolombia Tekuk Brasil

Indonesia sempat membuka asa setelah Shayne Pattynama mencatatkan namanya di papan skor pada menit 45+3. Skor 2-1 untuk Irak menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Indonesia berusaha mencari gol kedua namun justru kembali kebobolan. Giliran Osama Rashid yang mencetak gol pada menit 61 sehingga skor menjadi 3-1.

Shin Tae-yong mencoba mengubah strategi memasukkan Pratama Arhan dan Witan Sulaeman menggantikan Dendi Sulistyawan serta Marc Klok. Namun, Indonesia justru harus kebobolan dua kali lagi oleh para pemain Irak. Dua gol tambahan Irak dicetak oleh Youssef Amyn pada menit 81 dan Aldin El-Zubaidi menit 89.

"Seperti yang Anda lihat, ini adalah laga tandang dengan suporter yang sedikit bagi kami di stadion. Kemudian kami juga harus melalui perjalanan panjang dengan para pemain yang tidak datang bersamaan. Namun terlepas dari itu, Irak memang bermain lebih baik dari kami," kata Shin.

Bagi Shayne Pattynama, gol yang dicetaknya menjadi gol pertamanya di pentas dunia bersama skuad Garuda. Dia menegaskan tim harus berjuang lebih keras lagi di laga berikutnya.

"Saya rasa kami harus berjuang lebih keras lagi di pertandingan berikutnya. Lebih percaya pada kemampuan diri kami, karena kami adalah tim yang bagus," tuturnya.

Pada pertandingan lainnya di Grup F, Vietnam mengalahkan Filipina 2-0. Hasil tersebut membuat Irak untuk sementara ini memimpin klasemen disusul Vietnam. Filipina ada di posisi ketiga lalu Indonesia terakhir.

Laga selanjutnya Indonesia akan bertandang ke Filipina pada Selasa (21/11) pekan depan di Rizal Memorial Stadium, Manila. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat