visitaaponce.com

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Skuad Garuda Wajib Petik Poin di Manila

Kualifikasi Piala Dunia 2026 : Skuad Garuda Wajib Petik Poin di Manila
Pemain Timnas Indonesia berlatih jelang laga tandang melawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026(Dok. PSSI)

KEKALAHAN dari Irak pada laga pertama ronde dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi pelecut timnas senior Indonesia untuk bangkit. Laga kedua di Manila menghadapi Filipina pada Selasa (21/11) menjadi momentuk untuk memetik poin penuh.

Skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong dihadapkan tantangan perjalanan jauh dari Irak dan waktu yang singkat untuk adaptasi lapangan sintetis Stadion Rizal Memorial. Meski begitu, bukan halangan bagi tim Garuda Muda untuk memberikan penampilan yang maksimal demi memetik kemenangan pertama.

"Tentu perjalanan panjang dari Irak ada jet lag perbedaan waktu, dan kami punya keterbatasan waktu untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan," kata Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers, Senin (20/11).

Baca juga : Pembinaan Pemain Junior Perlu Kesinambungan

"Tetapi kami akan melakukan yang terbaik mempersiapkan pertandingan dan menunjukkan kemampuan terbaik kami," ucap juru taktik asal Korea Selatan itu.

Di klasemen sementara Grup F, Indonesia berada di dasar klasemen usai kalah 1-5 dari Irak sedangkan Filipina di urutan empat juga belum meraih poin lantaran kalah dari Vietnam 0-2.

Baca juga : Brasil sudah Kantongi Kelemahan Ekuador

Sebab itu, laga kedua itu bakal krusial bagi Indonesia untuk membuka peluang agar pada pertandingan selanjutnya langkahnya makin positif. Dari lima pertemuan terakhir bersua Filipina, Indonesia dua kali menang, dua kali imbang, dan satu kali kalah.

Shin Tae-yong mewanti-wanti agar para pemain tidak melakukan kesalahan yang sama seperti dilakukan ketika bertemu Irak sebelumnya. Filipina, kata Shin, juga merupakan tim yang punya level berbeda sehingga pendekatannya bakal lain.

"Skor 1-5 lawan Irak, kami tidak punya excuse. Kami kebobolan karena kesalahan sendiri dan sekarang kami dalam situasi yang sulit. Kami harus menang atas Filipina tidak hanya karena sudah kalah di laga pertama dari Irak, tapi ini kesempatan lagi untuk mendapat poin," kata Shin.

Penyerang Indonesia Rafael Struick menyebut para pemain sudah melupakan kekalahan dari Irak. Kendala yang dialami untuk beradaptasi di Manila pun wajib diatasi. Strategi untuk lebih banyak mengontrol permainan dan duel-duel bakal diterapkan para pemain.

"Kami melupakan kekalahan dari Irak dan fokus melawan Filipina. Kami kalah dari Irak tetapi kami harus harus fokus ke laga selanjutnya. Kami yakin karena punya skuad yang berkualitas," kata Struick.

"Kami akan memberikan yang terbaik untuk meraih tiga poin. Kami sadar Filipina lawan yang juga tangguh karena itu kami akan fokus berusaha meraih kemenangan," tukasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat