visitaaponce.com

Youcef Atal Divonis Hukuman Percobaan Gara-Gara Unggahan Soal Jalur Gaza

Youcef Atal Divonis Hukuman Percobaan Gara-Gara Unggahan Soal Jalur Gaza
Bek Nice Youcef Atal(AFP/UWE KRAFT)

PESEPAK bola Aljazair Youcef Atal diganjar hukuman percobaan selama 8 bulan oleh pengadilan Prancis, Rabu (3/1) karena dianggap memicu kebencian antarumat beragama lewat unggahannya di media sosial terkait konflik di Jalur Gaza.

Bek berusia 17 tahun, yang bermain di klub Ligue 1 Nice, juga diharuskan membayar denda sebesar 45 ribu euro (sekitar Rp764 juta) karena membagikan video berjudul 'Hari Kelam bagi Umat Yahudi'.

Atal juga diharuskan membayar agar putusan pengadilan terkait kasusnya diterbitkan di surat kabar lokal Nice-Martin dan surat kabar nasional Le Monde serta mengunggah putusan itu di akun Instagram miliknya selama 1 bulan.

Baca juga: PSG Datangkan Beraldo dari Sao Paulo

Vonis itu dijatuhkan karena Atal mengunggah video yang menampilkan pernyataan ulama Mahmoud Al Hasanat di akun Instagram pribadinya yang memiliki 3,2 juta follower, lima hari setelah serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober lalu.

Israel membalas serangan itu dengan menggelar operasi militer ke wilayah Palestina yang hingga kini telah menewaskan lebih dari 22 ribu orang.

Setelah berbicara mengenai anak-anak yang menjadi korban serangan Israel itu, Al Hasanat meminta Allah menghadirkan hari kelam bagi warga Yaudi dan membantu warga Jalur Gaza melakukan aksi balasan.

Baca juga: PSG Perpanjang Kontrak Kimpembe 

Atal tengah berada bersama timnas Aljazair ketika dia membagikan video tersebut.

Dia menghapus unggahan itu sehari kemudian ketika Nice memperingatki sang pemain bahwa unggahan itu berpontesni memicu kontroversi. Atal juga telah meminta maaf.

Atal kembali meminta maaf di pengadilan, mengatakan dirinya ingin menyebarkan pesan perdamaian dan tidak menonton hingga tuntas video berdurasi 35 detik itu sebelum membagikannya.

Kuasa hukum Atala, Antoine Vey, mengatakan vonis yang diterima kliennya adalah akibat tekanan politik. Dia menegaskan kliennya akan mengajukan banding.

Nice telah menskors Atal hingga waktu yang tidak ditentukan. Meski begitu, Atal telah tampil membela timnas Aljazair sebanyak tiga kali dan dipanggil untuk membela Aljazair di ajang Piala Afrika. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat