visitaaponce.com

Menang Atas 9 Pemain Kirgistan, Arab Saudi Melaju ke 16 Besar Piala Asia

Menang Atas 9 Pemain Kirgistan, Arab Saudi Melaju ke 16 Besar Piala Asia
Para pemain Arab Saudi melakukan selebrasi usai menang atas Kirgistan di laga Piala Asia.(AFP/KARIM JAAFAR)

ARAB Saudi melaju ke 16 besar Piala Asia usai menang 2-0 atas Kirgistan, yang harus bermain dengan sembilan pemain, Minggu (22/1).

Anak-anak asuhan Roberto Mancini, yang berada di peringkat 56 dunia, dipaksa bekerja keras oleh Kirgistan, yang berperingkat 98 dunia, sebelum menyusul Qatar, Iran, Irak, dan Australia ke babak 16 besar Piala Asia.

Selepas pertandingan, Mancini, yang membawa Italia menjadi juara Piala Eropa 2021, menolak anggapan Arab Saudi merupakan salah satu kandidat juara Piala Asia.

Baca juga: Imbang dengan Oman, Thailand di Ambang Lolos ke 16 Besar Piala Asia

"Berdasarkan peringkat dunia maka unggulan juaranya adalah Jepang, Korea, Iran, dan Australia. Kami masih terlalu jauh," kilah Mancini.

Arab Saudi, yang bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 atas Oman di laga perdana, kini telah mengantongi 6 poin dari dua laga.

Kirgistan, yang tidak diunggulkan bahkan saat bermain dengan 11 pemain sudah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit kesembilan laga setelah Ayzar Aktamov dianggap melakukan pelanggaran keras.

Baca juga: Hokky Optimistis Tampil Lebih Baik di Laga Kontra Jepang

Aktamov, awalnya, diganjar kartu kuning namun kemudian diberi kartu merah setelah pemeriksaan VAR.

Arab Saudi gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk mencetak gol dengan Feras Al-Brikan membuang dua kesempatan emas.

Tim 'Negeri Petrodolar' itu akhirnya memecah kebuntuan ketika Mohamed Kanno mencetak gol pada menit 35 memanfaatkan umpan silang Saud Abdulhamid.

Kirgistan kemudian harus bermain dengan 9 pemain pada menit 52 setelah Kimi Merk diusir wasit setelah berkonsultasi dengan VAR.

Pemain pengganti Arab Saudi Faisal Al-Ghamdi mencetak gol kedua bai timnya di menit 84 lewat tendangan jarak jauh yang tidak bisa ditahan penjaga gawang Erzhan Tokotaev. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat