visitaaponce.com

Palestina Melaju ke 16 Besar Piala Asia

Palestina Melaju ke 16 Besar Piala Asia
Para pemain Palestina melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Hong Kong di laga Piala Asia.(AFP/Giuseppe CACACE)

KAPTEN timnas Palestina Musab Al-Battat mengatakan timnya memenuhi janji kepada warga Palestina untuk melaju ke babak 16 besar Piala Asia, Selasa (23/1).

Kemenangan 3-0 atas Hong Kong, yang merupakan kemenangan pertama Palestina di sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Asia, sudah cukup untuk mengantarkan negara itu melaju ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Oday Dabbagh menjadi pahlawan kemenangan Palestina di Doha dengan mencetak dua gol.

Baca juga: Qatar Tutup Babak Grup Piala Asia dengan Sempurna usai Kalahkan Tiongkok

Saat wasit meniup peluit panjang, para pemain Palestina melakukan selebrasi di lapangan sembari mengibarkan bendera Palestina.

Adapun Uni Emirat Arab melaju sebagai peringkat dua Grup C usai kalah 2-1 dari juara grup Iran.

Keberhasilan Palestina melaju ke 16 besar Piala Asia terjadi saat Jalur Gaza digempur tanpa ampun oleh Israel. Para pemain dan staf timnas Palestina memiliki kerabat yang menjadi korban genosida yang dilakukan 'Negeri Zionis' itu.

Baca juga: Menang Atas 9 Pemain Kirgistan, Arab Saudi Melaju ke 16 Besar Piala Asia

Kapten Palestina, Al-Battat menegaskan timnya telah memenuhi janji kepada warga Palestina.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kami," ungkap Al-Battat.

"Kami berhasil membuat para pendukung kami, baik yang ada di dalam maupun luar Palestina, tersenyum," lanjutnya.

Laga antara Palestina dan Hong Kong merupakan laga antara dua tim yang tidak pernah menang di Piala Asia. Namun, kedua tim menyadari kemenangan akan membawa mereka melaju ke babak 16 besar.

Di menit ke-12, Palestina unggul setelah Battat yang melancarkan serangan dari sisi kanan lapangan mengirim umpan silang yang disundul Dabbagh untuk menjebol gawnag Hong Kong.

Dalam selebrasi gol itu, para pemain Palestina membuat tanda V ke arah pendukung mereka.

Hong Kong kemudian mendapat pukulan setelah bek dan kapten mereka, Vas Nunez, mengalami cedera tangan dan harus digantikan oleh Li Ngai Hoi.

Skor 1-0 untuk keunggulan Palestina bertahan hingga jeda.

Di awal babak kedua, Palestina menggandakan keunggulan mereka dengan Battat kembali memberikan assist kali ini untuk Zeid Qunbar yang menjebol gawang Hong Kong.

Palestina kemudian mencetak gol ketiga mereka di menit 60 ketika tendangan jarak jauh Tamer Seyam membentur mistar gawang Hong Kong dan bola muntah disambar Dabbagh, yang mencetak gol keduanya.

Hong Kong berpeluang memperkecil kekalahan mereka di masa injury time setelah wasit memberikan hadiah penalti karena handball yang dilakukan Battat.

Namun, eksekusi penalti Everton membentur tiang gawang sehingga laga berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Palestina atas Hong Kong. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat