visitaaponce.com

Timnas Ukraina Rilis Video Invasi Rusia Jelang Euro 2024

Timnas Ukraina Rilis Video Invasi Rusia Jelang Euro 2024
pemain timnas Ukraina(AFP)

PEMAIN tim nasional Ukraina tampil dalam sebuah video yang dirilis asosiasi sepak bola Ukraina jelang penampilan di Euro 2024. Ke-13 pemain tampil memberikan pesan dalam video yang menampilkan gambaran perang di kota asal mereka 27 bulan setelah invasi besar-besaran Rusia.

"Kota-kota asal kami ingin sekali menjadi tuan rumah Euro. Saat ini, mereka berjuang bukan demi sebuah turnamen, namun demi kebebasan mereka," demikian pesan yang terpampang di layar dalam video berdurasi 90 detik tersebut dilansir ESPN.

Video menunjukkan rumah-rumah yang hancur menjadi puing-puing, gedung-gedung terbakar akibat serangan udara, dan petugas yang mencari korban melewati tumpukan puing.

Baca juga : Inggris Atasi Ukraina dengan Skor 2-0

"Nama saya Mykola Shaparenko dan saya dari Velyka Novosilka yang telah dihancurkan sepenuhnya oleh Rusia," kata Shaparenko yang merupakan pemain Dynamo Kyiv.

Maksym Talovierov dan Anatoliy Trubin memperkenalkan diri mereka sebagai penduduk asli Donetsk yang dikuasai pasukan Rusia atau proksi lokal sejak 2014.

"Saat ini, Makiivka, Saky dan Donetsk untuk sementara ditempati," kata Trubin.

Baca juga : Cara Unik Pemain Kroasia Bagikan Jatah Tiket Euro 2024 untuk Keluarga, Dibagi Sesuai Statistik Pertandingan

Bek kiri Arsenal Oleksandr Zinchenko memperkenalkan dirinya dengan kampung halaman di Radomyshl sebelah barat ibu kota Kyiv.

Zinchenko juga berada di timnas Ukraina yang mencapai perempat final Euro tiga tahun lalu. Itu menjadi musim panas terakhir sebelum Rusia menyerang. Ajang Euro kali ini menjadi berbeda bagi para pemain Ukraina karena negaranya masij dalam kecamuk perang.

"Masih ada orang yang meninggal tanpa alasan dan kita harus tetap bersatu. Bagi mereka ini sangat sulit, bagi kami ini jelas merupakan motivasi ekstra. Kami semua tahu siapa yang ada di belakang kami. Kami perlu menunjukkan performa terbaik kami," ucap Zinchenko.

Baca juga : Intip Euforia di Jerman Jelang Pembukaan EURO 2024

Ukraina akan memukai Euro 2024 melawan Rumania pada Senin (17/6). Isu perang tersebut diprediksi akan menjadi salah satu topik yang hangat selama Euro 2024. Timnas Ukraina mengingatkan perang masih terjadi. Mereka berharap menjadikan isu tersebut sebagai salah satu pusat perhatian di turnamen yang akan disaksikan di seluruh dunia itu.

"Kami perlu membicarakan hal ini. Saya tahu beberapa orang bosan dengan berita perang tersebut, namun kami terus berjuang dan kami membutuhkan dukungan Anda," kata pelatih Ukraina, Serhiy Rebrov.

"Sangat penting bagi Ukraina untuk terwakili di Euro karena kami semua warga Ukraina ingin menjadi bagian dari keluarga Eropa dalam perang yang kami perjuangkan untuk seluruh Eropa," tukas Rebrov. (Dhk/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat