visitaaponce.com

Sejarah dan Perkembangan Televisi di Indonesia

Sejarah dan Perkembangan Televisi di Indonesia
Warga mencoba mengakses layanan TV digital melalui set top box di Cimarga, Lebak, Banten, Senin (14/11/2022).(Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.)

TELEVISI merupakan salah satu media yang digemari di dunia dan Indonesia. Dengan tawaran program yang variatif dan menarik, televisi juga dapat dioperasikan dengan mudah. 

Kendati demikian, jauh hari sebelum televisi populer, barang ini dianggap sebagai barang yang unik dan mewah. Berikut sejarahnya.

Sejarah televisi

Televisi mengalami perkembangan dan pembentukannya di daratan Eropa. Paul Nipkow tercatat menjadi seseorang yang berhasil mematenkan temuannya atas televisi. Sejarah televisi di Indonesia ditandai dengan kelahiran Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada 24 Agustus 1962. 

Sebagai kanal TV tertua di Indonesia, TVRI menjadi salah satu saluran yang tersebar luas dan ditonton oleh rakyat Indonesia saat itu. Bahkan sebelum 1990-an, TVRI menjadi satu-satunya kanal televisi yang ada di Indonesia. 

Perkembangan televisi

Pada 1989, atas desakan untuk menciptakan variasi dalam televisi, Rajawali Citra Televisi (RCTI) pada 24 Agustus 1989 diresmikan. Setelah itu, barulah beberapa saluran TV lain menyusul seperti SCTV pada 1990 dan TPI pada 1991. 

Pada Juli 2022, Perusahaan Riset Nielsen mengungkapkan bahwa setidaknya terdapat total 96 juta penonton televisi di Indonesia. Angka ini mengalami kenaikan dari 58,9 juta penonton. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat