visitaaponce.com

Dimensity Auto Jadi Solusi Pendukung Kendaraan Pintar

Dimensity Auto Jadi Solusi Pendukung Kendaraan Pintar
Seorang pengunjung melihat logo kecerdasan buatan (AI) di Mobile World Congress (MWC).(AFP/JOSEP LAGO)

MEDIATEK memperkenalkan Dimensity Auto, platform otomotif yang dirancang untuk beragam teknologi karya produsen mobil dan sebagai solusi pendukung masa depan kendaraan pintar dan terkoneksi.

Dengan solusi platform Dimensity Auto, kami memperluas keunggulan teknologi MediaTek di segmen otomotif ke level lebih lanjut,” kata Jerry Yu, Corporate Senior Vice President and General Manager CCM Business Group.

MediaTek Dimensity Auto menawarkan portofolio mencakup Dimensity Auto Cockpit, Dimensity Auto Connect, Dimensity Auto Drive, dan Dimensity Auto Components. Dibangun dengan merek chipset seluler utama MediaTek, Dimensity Auto diklaim merepresentasikan keahlian MediaTek, utamanya dalam kinerja, hemat daya, dan integrasi SoC (System on Chip).

Dimensity Auto Cockpit dibangun menggunakan proses manufaktur chip bertujuan memaksimalkan integrasi fitur, kinerja, dan hemat daya. Fitur Dimensity Auto Cockpit, meliputi portofolio lengkap solusi dengan skalabilitas perangkat keras dan perangkat lunak, dan multi-prosesor AI MediaTek yang dilengkapi baik pembelajaran mendalam (MDLA) maupun unit pemrosesan visi (MVPU).

Baca juga: Teknologi AI Cisco di Webex Dukung Gaya Kerja Hybrid

Fitur Dimensity Auto Cockpit lainnya yaitu proses canggih 3nm berkinerja tinggi, konsumsi hemat energi, dan prosesor AI yang dapat diskalakan, dukungan untuk beberapa kamera HDR dan DSP khusus untuk pemrosesan audio mikrofon, serta kelengkapan streaming dan decoding hiburan yang menggunakan kekhasan komputasi dan multimedia MediaTek Waktu boot cepat.

Selain itu, Dimensity Auto Connect terdiri dari sejumlah fitur konektivitas, salah satunya yaitu teknologi komunikasi otomotif mutakhir berdasarkan standar terbuka 3GPP, seperti teknologi MediaTek 5G NTN, 5G RedCap untuk kinerja lebih baik ketimbang 4G dan lainnya.

Dimensity Auto Connect juga dilengkapi dengan fitur 5G Sub-6Ghz dengan teknologi Carrier Aggregation untuk jangkauan lebih luas dan kecepatan data multi-gigabit, serta Wi-Fi 7 yang dilengkapi teknologi pelepasan perangkat keras MediaTek sehingga menghemat sumber daya komputasi CPU.

Baca juga: Teknologi AI Berpotensi Picu Serangan Siber

Dimensity Auto Connect juga mendukung interoperabilitas tinggi dan koeksistensi berbagai standar jaringan nirkabel, mencakup Wi-Fi, Bluetooth, dan 5G, serta jangkauan Global Navigation Satellite System (GNSS) komprehensif untuk pemosisian lebih akurat.

Dimensity Auto juga didukung oleh Dimensity Auto Drive, dihadirkan sebagai solusi Advanced driver-assistance system (ADAS) dan menyediakan platform terbuka yang dapat diskalakan serta komprehensif untuk memberikan bantuan cerdas dan solusi mengemudi otonom kepada mitra (produsen mobil).

MediaTek juga memperkenalkan Dimensity Auto Components, menyediakan chipset kelas otomotif andal dan komponen mandiri untuk generasi baru kendaraan pintar. Dimensity Auto Components didukung dengan sejumlah teknologi mutakhir MediaTek.

Teknologi tersebut mengupayakan solusi manajemen daya yang lebih baik saat mengemudi, dukungan teknologi tampilan terintegrasi yang canggih membuka jalan bagi layar OLED fleksibel dan layar besar, opsi multi tampilan untuk unit mobil listrik (EV) baru, serta menentukan posisi dan navigasi kendaraan, bahkan di tempat parkir bawah tanah, terowongan, dan zona mati satelit. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat