visitaaponce.com

Masjid Istiqlal Jadi Masjid Pertama di Indonesia yang Masuk Metaverse

Masjid Istiqlal Jadi Masjid Pertama di Indonesia yang Masuk Metaverse
Masjid Istiqlal(MI/Vicky Gustiawan)

PERKENBANGAN teknologi yang masif dan juga digitalisasi telah membuat hadirnya ruang virtual yang dapat membuat manusia dapat berinteraksi meskipun tidak dalam satu ruang yang sama. Metaverse, itulah teknologi yang dihadirkan untuk menghubungkan dunia nyata dengan dunia digital.

Metaverse telah berkembang jauh di berbagai negara, termasuk Indonesia. Melalui PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Indonesia tak mau ketinggalan dan menghadirkan metaNesia sebagai platform metaverse pertama di Indonesia.

Diluncurkan pada 2022, metaNesia dapat dikatakan merupakan sebuah platform interaksi virtual sebagai media experience baru, di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital lewat beragam lingkungan yang dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Baca juga : Inilah Game VR yang Bisa Dijadikan Pilihan Isi Liburan Idul Fitri

Tak melulu soal hiburan, dunia virtual metaNesia juga mencoba memperkenalkan sentuhan religi dengan menampilkan Masjid Istiqlal yang diberi nama Istiqlalverse yang diperkenalkan pada Februari 2023 lalu.

Pelaksana Humas Masjid Istiqlal Sapar menjelaskan, saat ini Istiqlalverse memang belum menghadirkan konten yang beragam. 

Baca juga : Kumpulan Gim PPSSPP Ukuran Kecil Terbaik

"Untuk sementara metaverse yang ada Masjid Istiqlal untuk menyediakan konten terkait kegiatan yang ada di Istiqlal baik secara live maupun recorded," ungkapnya kepada Media Indonesia, Rabu (19/4).

Lebih lanjut, Sapar mengakui saat ini pengunjung Istiqlalverse masih belum begitu banyak.

"Untuk sementara kalau melihat platform yang paling banyak itu YouTube dan Instagram. Metaverse belum banyak pengunjung karena segmennya anak muda yang suka main gim 3D dan lainnya," sambung Sapar.

Namun, Sapar memastikan bahwa pengembangan Istiqlalverse masih akan terus dilakukan ke depannya, sehingga akan terjadi lebih banyak konten menarik di dalamnya.

Dalam Istiqlalverse sendiri pengunjung dapat menonton tayangan resmi dari Masjid Istiqlal yang berada di halaman depannya. Kemudian, pengunjung juga dapat memasuki ruang lobi, ruang pengajian, dan ruang VIP.

Sebelumnya, Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid menyampaikan, kehadiran Istiqlalverse di dalam ekosistem metaNesia diharapkan dapat menjadi media baru bagi pengunjung untuk berinteraksi di dalam masjid virtual Istiqlal dengan lebih interaktif dan imersif, serta mendapatkan beragam pandangan dan informasi baru terkait Masjid Istiqlal.

Kolaborasi antara Telkom dan Masjid Istiqlal juga merupakan solusi bagi masyarakat dari seluruh daerah Indonesia yang belum memiliki kesempatan berkunjung secara langsung ke lokasi untuk dapat melakukan kunjungan secara virtual.

Perlu diketahui, Masjid Istiqlal merupakan satu-satunya masjid di Indonesia yang pertama kali hadir dan masuk ke dalam metaverse. 

Dengan teknologi canggih yang digunakan pada Istiqlalverse, pengguna dapat mengakses dunia virtual ini dari manapun hanya dengan handphone, dan mengetahui berbagai informasi menarik serta mempelajari bangunan Masjid Istiqlal dengan lebih seksama. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat