visitaaponce.com

TechnoArt UBM Sukses Hadirkan Dunia Baru di Dalam Metaverse

TechnoArt UBM Sukses Hadirkan Dunia Baru di Dalam Metaverse
Universitas Bunda Mulia (UBM) mengadakan event tahunannya yakni TechnoArt(Dok)

UNIVERSITAS Bunda Mulia (UBM) mengadakan event tahunannya yakni TechnoArt yang merupakan event dari Fakultas Teknologi dan Desain (FTD) sebagai penyelenggara program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan juga Desain Interaktif (DI). 

Melalui event TechnoArt ini, UBM pun bekerjasama dengan para pakar baik dari sisi akademisi dari salah satu universitas Australia dan praktisi industri yang menghandle berbagai project terkait virtual reality / augmented reality. 

Dekan Fakultas Teknologi dan Desain Fransiskus Adikara menyatakan, TechnoArt sebagai ajang kolaborasi para penggiat di bidang teknologi dan seni yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini diisi dengan beberapa kegiatan, antara lain Seminar Internasional dan Kompetisi Nasional yang melibatkan peserta dari siswa SMA dan SMK.

Baca juga : Artificial Intelligence Jangan Sampai Mengendalikan Manusia

“Dengan tujuan memperkenalkan program studi-program studi dalam Fakultas Teknologi dan Desain sebagai pilihan utama bagi masa depan putra-putri bangsa,” ujarnya. 

Perpaduan kegiatan lomba, dan seminar, ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman akademik dan profesionalisme peserta, sekaligus mendorong inovasi dan kreativitas. 

“Serta membangun jaringan dan kolaborasi antar sekolah dan universitas di sekitar kita,” tambahnya. 

Baca juga : Tiga Strategi Meta untuk Atasi Misinformasi

Selain itu UBM sebagai salah satu Universitas terakreditasi Unggul senantiasa menjadi yang pertama dalam menciptakan program studi yang multidisiplin seperti Desain Interaktif dan Data Science yang sangat dibutuhkan industri saat ini dan berkembang pesat di masa depan. 

Setiap tahunnya, TechnoArt sebagai Big Bang Event dari FTD UBM selalu mengundang bintang tamu dengan keahlian pada bidang sesuai dengan tema yang diangkat. TechnoArt tidak hanya memberikan pembekalan tentang dunia Metaverse pada mahasiswa saja namun kami juga turut mengundang beberapa sekolah untuk melihat perkembangan zaman yang semakin pesat. 

Rangkaian kegiatan TechnoArt yang digelar Universitas Bunda Mulia bekerjasama dengan Nusameta berlangsung mulai dengan kompetisi dan workshop pada tanggal 5 Maret dan berakhir pada 19 Maret 2024. 

Baca juga : Digication Batch 4 UICI Kenalkan Metaverse sebagai Bagian Perkuliahan

Penjurian final lomba dilaksanakan pada tanggal 20 Maret dan diakhiri dengan Seminar Internasional pada tanggal 21 Maret 2024 yang mengangkat tema “Content Creator Mastery: Unveiling the Future”. 

Acara yang diadakan bersama Nusameta ini dihadiri secara daring oleh Prof Erik Champion dari Australia, Dr. Fransiskus Adikara selaku Dekan Fakultas Teknologi dan Desain, dan Stephen Ng selaku CEO Nusameta yangberhasil memberikan wawasan baru serta pengalaman kepada mahasiswa dan mahasiswi UBM, para guru dan siswa-siswi SMA/SMK terundang di The UBM Grand Auditorium. 

Dalam sesi seminar, CEO Nusameta Stephen Ng menjabarkan perkembangan metaverse yang kian inklusif. 

Baca juga : Dompet Dhuafa Rambah Metaverse dalam Pengelolaan Dana 

“Kemajuan teknologi mampu memberikan kesempatan bagi masyarakat umum yang tidak mempunyai keahlian dalam coding untuk membangun dunia virtual mereka sendiri,” tutur Stephen. 

Hal ini dapat mendorong lahirnya kreator-kreator baru yang berpartisipasi dalam pengembangan dan pembangunan metaverse. Teknologi tersebut dibangun Nusameta melalui creator’s tool yang memungkinkan semua orang untuk menciptakan dunia virtual mereka dalam platform metaverse.

“Integrasi kecerdasan buatan juga ikut dalam perkembangan ruang realitas virtual dalam halnya penciptaan avatar yang realistis dan karakter beranimasi, serta personalisasi pengalaman virtual bagi pengguna. Perkembangan metaverse juga mengalami tren peningkatan interaksi antar pengguna serta monetisasi melalui transaksi creator economy. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat