visitaaponce.com

Teknologi Garmin Bantu Atlet Atletik Indonesia Raih Medali di SEA Games 2023

Teknologi Garmin Bantu Atlet Atletik Indonesia Raih Medali di SEA Games 2023
Agus Prayogo mengenakan jam tangan Garmin saat berlomba di SEA Games 2023(Antara/Muhamamd Adimaja)

ATLET atletik Indonesia tampil gemilang di SEA Games 2023 Kamboja. Persiapan panjang dilakukan oleh atlet atletik untuk bisa meraih prestasi di SEA Games 2023, tak terkecuali memanfaatkan teknologi, salah satunya jam tangan pintar atau smartwatch.

Produsen smartwatch dan teknologi latihan asal Amerika Seikat, Garmin, ikut membantu persiapan tersebut lewat fitur yang ada dalam smartwatch produksinya. Setidaknya ada tiga atlet yang menggunakan solusi teknologi dari Garmin, yaitu Agus Prayogo, Emilia Nova, dan Jauhari Johan.

Agus yang turun di nomor maraton dan 10K dan telah menyumbang medali emas SEA Games 2023, menggunakan am tangan pintar Garmin Forerunner 965 untuk mendukung latihan kerasnya. 

Baca juga : Mengenal Fitur Canggih di Garmin Forerunner 265 dan Forerunner 965

Beberapa fitur yang digunakan untuk mendukung latihannya seperti, morning report yang memberikan rangkuman tentang skor tidur, tingkat stres, status HRV, gambaran latihan, skor baterai tubuh, dan cuaca, memungkinkan Agus untuk memulai harinya dengan informasi yang komprehensif tentang kondisi fisiknya.

Ada juga fitur Wrist-based Running Dynamics yang mengukur metrik lari yang penting seperti irama, panjang langkah, dan waktu kontak tanah, membantu Agus menyempurnakan tekniknya dan mengoptimalkan performanya.

Baca juga : Tampil Menawan dengan Smartwatch di Hari Raya

Selain itu ada fitur Wrist-based Heart Rate Monitoring yang melacak detak jantung secara konsisten, memungkinkan penilaian daya tahan, kecepatan, dan kekuatan secara real-time.

Emilia Nova yang turun di nomor lari gawang mengandalkan fitur Training Readiness yang inovatif di smartwatch. Fitur ini dapat membantunya memaksimalkan efisiensi pelatihan saat ia bersiap untuk berkompetisi dalam cabang olahraga atletik spesialis nomor lari gawang.

"Fitur Training Readiness menggabungkan data aktivitas dan gaya hidup pengguna untuk membuat analisis yang detail untuk memberikan informasi pada Emilia tentang skor kesiapan tubuhnya untuk berlatih saat ini. Selain itu, fitur ini juga menampilkan bagaimana beberapa faktor yang mendasari dapat berkontribusi pada kondisinya saat ini," tulis Garmin dalam keterangannya.

Dengan menggabungkan metrik seperti kualitas tidur, beban latihan, dan riwayat stres, smartwatch Garmin dapat membantu Emilia untuk membuat keputusan yang matang tentang intensitas dan perkembangan latihannya.

Sementara itu, Jauhari Johan menggunakan bike computer Garmin Edge 1040 untuk mengoptimalkan latihannya menjelang SEA Games.

Edge 1040 menawarkan fitur-fitur inovatif yang meningkatkan kinerja atletik, termasuk teknologi GNSS/GPS multi-band dan frekuensi ganda, memastikan pelacakan rute yang tepat dan pengenalan medan balapan yang lebih baik.

"Masa pakai baterai perangkat yang lama, ditingkatkan dengan fitur solar, memastikan analisis kinerja tanpa gangguan selama sesi pelatihan yang panjang. Fungsi Course Demand yang ditambahkan memungkinkan Jauhari untuk membandingkan fitur kursus dengan kebutuhan berkendaranya, membantunya menyusun strategi dan mempersiapkan kompetisi dengan lebih efektif," pungkas Garmin. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat