visitaaponce.com

25 Istilah dalam Gim Mobile Legends dan Artinya, Gamer Wajib Tahu

25 Istilah dalam Gim Mobile Legends dan Artinya, Gamer Wajib Tahu
Ilustrasi bermain MLBB(Dok. MI)

MOBILE Legends: Bang Bang (MLBB)saat ini telah menjadi salah satu gim yang sangat digemari oleh para gamer di Indonesia.

Keunggulan gim ini tidak hanya terletak pada spesifikasi smartphone yang tidak terlalu tinggi yang dibutuhkan untuk memainkannya, tetapi juga gaya permainannya yang cepat dan menghibur.

Saat bermain, sering kali muncul istilah-istilah unik yang biasanya digunakan Jika Anda adalah gamer baru atau sudah lama tidak bermain Mobile Legends, tidak perlu khawatir dengan istilah-istilah baru tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca juga : Tekuni Games, Selebgram Fernando Chandra Raup Penghasilan Berlimpah 

1. CD (Cooldown)

CD adalah kependekan dari istilah "cooldown" atau waktu jeda sebelum Anda dapat menggunakan kembali skill atau item dalam game. Ketika suatu skill atau item sedang dalam cooldown, Anda harus menunggu beberapa saat sebelum dapat menggunakannya lagi. Istilah ini juga umum digunakan dalam berbagai game lainnya.

2. Backdoor

Backdoor adalah istilah yang digunakan untuk menyerang menara musuh tanpa bantuan dari pasukan minion atau creep. Strategi ini hanya dapat dilakukan oleh hero yang memiliki kemampuan menembak dari luar jangkauan menara atau ketika kesehatan menara musuh sudah sangat rendah. Beberapa hero yang mampu menjalankan strategi ini antara lain Layla, Lesley, Beatrix, dan lainnya.

3. Funneling

Funneling adalah strategi di mana hero pendukung (support) menahan pasukan minion (creep) untuk hero "hard carry" yang akan mengumpulkan sumber daya. Strategi ini digunakan ketika Anda ingin fokus memperkuat satu hero tertentu, di mana emas akan diperoleh oleh hero carry, bukan oleh hero support.

4. Gold Lane

Gold Lane adalah salah satu jalur (lane) yang berseberangan dengan Experience Lane (Exp Lane) dan dapat berada di bagian atas atau bawah peta. Hero yang bermain di jalur ini akan mendapatkan sumber daya (gold) dengan cepat agar dapat meningkatkan kemampuan serangannya.

5. Exp Lane (Experience Lane)

Exp Lane adalah jalur di mana hero akan mendapatkan pengalaman (experience points) tambahan ketika membunuh musuh atau minion. Jalur ini biasanya terletak dekat dengan lokasi penampilan pertama Turtle.

6. Mid Lane

Mid Lane adalah jalur yang paling strategis karena berada di tengah-tengah peta dan memberikan akses yang baik ke jalur lainnya, Turtle, Lord, hutan, dan buff. Jalur ini sering kali diisi oleh hero Mage atau Marksman.

7. Jungler

Jungler adalah peran yang bertanggung jawab mengontrol hutan (jungle) untuk mencapai tujuan tertentu, seperti membunuh Turtle atau Lord. Tim yang ingin mencapai peringkat tinggi biasanya memiliki seorang pemain yang mengambil peran sebagai jungler. Hero Assassin sering kali cocok untuk peran ini dan menggunakan spell "retribution."

8. META

META adalah singkatan dari "Most Effective Tactics Available," yang mengacu pada strategi atau taktik yang paling efektif dalam memenangkan pertandingan. META dapat berubah seiring waktu ketika pengembang game merilis pembaruan atau perubahan pada hero tertentu.

9. Nerf

Nerf adalah tindakan untuk mengurangi kekuatan hero yang terlalu kuat atau overpowered. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan antara hero satu dengan yang lainnya dalam game.

10. AFK (Away from Keyboard) & DC (Disconnect)

AFK (Away from Keyboard) mengindikasikan bahwa pemain sedang tidak aktif atau tidak ada di depan keyboard, yang berarti mereka tidak bermain dalam kondisi penuh. DC (Disconnect) merujuk kepada pemain yang keluar dari permainan saat sedang berlangsung.

11. Buff

Buff adalah status tambahan yang diberikan kepada hero, terutama kepada hero carry atau yang memiliki peran penting dalam pertandingan. Buff dapat diperoleh dengan membunuh creep di hutan dan dapat meningkatkan serangan fisik maupun serangan sihir.

12. Early, Mid, Late Game

Pertandingan Mobile Legends dibagi menjadi beberapa fase, termasuk early game (awal), mid game (tengah), dan late game (akhir). Setiap fase memiliki strategi yang berbeda-beda, dan waktu menjadi kunci perbedaan kekuatan tim.

13. Ganking

Ganking adalah tindakan bergerak menuju lane lain untuk mengganggu atau membunuh musuh yang tidak waspada. Ini sering kali melibatkan beberapa pemain dari tim yang berkolaborasi untuk mencapai tujuan tersebut.

14. Farming

Farming adalah proses mencari sumber daya, terutama uang (gold), dari hutan atau dengan membunuh musuh yang melakukan kesalahan. Farming biasanya dilakukan sebelum melakukan ganking.

15. Pushing

Pushing berarti mendorong pasukan minion atau creep untuk menyerang menara musuh. Tujuannya adalah untuk menghancurkan menara musuh dan mencapai kemenangan.

16. Kill, Death, Assist, dan Feeder

Kill, Death, dan Assist adalah statistik yang mencatat jumlah musuh yang dibunuh, kematian, dan bantuan yang diberikan oleh seorang pemain dalam pertandingan. Feeder adalah istilah untuk pemain yang sering kali memberikan keuntungan kepada musuh dengan terus-menerus mati dalam pertandingan.

17. Minion dan Lord

Minion atau creep adalah pasukan bantuan yang membantu pemain dalam pertandingan. Lord adalah makhluk-makhluk besar yang memberikan manfaat besar bagi tim yang berhasil membunuh mereka.

18. Turtle

Berbeda dengan minion, turtle merupakan sumber pendapatan yang signifikan dan memiliki dampak besar pada seluruh tim. Tentu, terdapat cara untuk menyerang turtle dengan cepat guna mendapatkan buff true damage dan meningkatkan akumulasi gold tim. Turtle juga sama dengan Lord yang merupakan makhluk besar dengan manfaat besar bagi tim.

19. Talent

Talent adalah bonus skill pasif yang diberikan oleh emblem tertentu. Talent dapat beragam, termasuk fighter, jungle, assassin, physical, magical, dan lainnya.

20. Build

Build merujuk pada urutan item atau strategi permainan yang pemain tentukan berdasarkan item-item yang dipilih. Build dapat disesuaikan dengan gaya permainan, seperti burst damage, tank, sustain, dan lainnya.

21. Battle Spell

Battle spell adalah skill aktif tambahan yang dapat digunakan oleh pemain selama pertandingan. Battle spell sering kali memiliki dampak signifikan dalam pertandingan dan dapat disesuaikan dengan hero yang dimainkan.

22. Roaming

Roaming adalah tindakan pemain berpindah dari satu lane ke lane lainnya untuk membantu rekan setim. Posisi yang sering diminta untuk melakukan roaming adalah mid lane, hero tank, dan assassin.

23. Bait

Bait adalah taktik untuk memancing musuh keluar dari posisi yang aman atau strategi yang mereka rencanakan.

24. Solo dan Offlane

Solo adalah taktik di mana seorang pemain menjalankan lane sendirian untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dan uang. Offlane memiliki konsep yang serupa dan sering kali terletak di atas lane.

25. Carry

Carry adalah pemain atau hero yang mampu memberikan dampak besar pada kinerja seluruh tim dan membawa tim menuju kemenangan.

Istilah tersebut adalah beberapa istilah yang umum digunakan dalam MLBB yang mungkin berguna untuk memahami dan berkomunikasi lebih efektif dalam permainan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat