visitaaponce.com

Intel Pamerkan 3 Generasi Prosesor dan Fabrikasi Terbaru hingga 2025

Intel Pamerkan 3 Generasi Prosesor dan Fabrikasi Terbaru hingga 2025
Prosesor Intel Metor Lake akan diluncurkan pada 14 Desember 2023 mendatang.(Intel)

DI acara Intel Innovation 2023, Intel tidak hanya mengumumkan Meteor Lake tapi juga rencana generasi selanjutnya yaitu Arrow Lake, Lunar Lake dan Panther Lake. Selain itu Intel juga sudah menyiapkan fabrikasi terbaru berbasis Intel 3, Intel 20A, dan Intel 18A.
 
Bisa dibilang kemampuan Intel dalam merevolusi kemampuan komputasi saat ini tidak terlepas dari prosesor dan teknologi pembuatan di dalamnya. Intel Meteor Lake bisa dibilang menjadi awal menjanjikan prosesor Intel ke depannya.
 
Di panggung Intel Innovation 2023, CEO Intel Pat Gelsinger dengan bangga mengumumkan teknologi terbarunya sambil memamerkan wafer silikon yang siap dicetak menjadi prosesor.

Baca juga : Intel Umumkan Rencana Peningkatan Produksi

Pat memamerkan lempengan wafer silikon yang diproduksi dari fabrikasi bernama Intel 20A yang akan menggunakan ukuran 2nm. Dia mengklaim prosesor Intel Arrow Lake dengan fabrikasi Intel 20A disiapkan untuk tahun depan.
 
Intel 20A disebut sebagai fabrikasi pertama yang mengandalkan PowerVia, teknologi yang membuat teknologi pengiriman daya di sisi bagian belakang silikon prosesor.
 
Baca juga : Intel Investasikan US$25 Miliar untuk Pabrik Baru Israel

Teknologi fabrikasi Intel 3 yaitu ukuran 5nm juga disebut sudah siap diproduksi akhir tahun ini, bahkan mereka sudah memiliki versi sampel dari dua generasi prosesor Intel Xeon, Sierra Forrest dan Granite Rapids.
 
Tidak cuma Intel 7, Intel 4, Intel 3, dan Intel 20A, Pat dengan bangga menyatakan bahwa Intel telah menyiapkan teknologi fabrikasi 18A yang menghasilkan ukuran 1,8nm dan di sini akan dihadirkan teknologi PowerVia ditambah RibbonFET, model transistor baru yang memiliki footprint lebih kecil dari FinFET.
 
Apabila Intel Arrow Lake menjadi prosesor Generasi ke-15 atau 15th Gen, maka Lunar Lake menjadi Generasi ke-16. Pat sempat memamerkan sebuah laptop dengan prosesor Lunar Lake yang sudah bisa melakukan booting dan melakukan komputasi AI berupa Stable Diffusion.
 
Jelang tahun 2005, Intel mengklaim akan menyiapkan Intel Panther Lakew sebagai generasi terbaru prosesor mereka untuk tahun 2025. Semua penjelasan dari Pat menandakan bahwa roadmap bisnis Intel kini lebih menjanjikan dibandingkan beberapa tahun lalu ketika mereka terkendala di fabrikasi 14nm. (Medcom.id/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat