visitaaponce.com

Intel Terima Hibah Rp49,4 T untuk Perluasan Pabrik Chip

Intel Terima Hibah Rp49,4 T untuk Perluasan Pabrik Chip
Logo Intel.(AFP/PAU BARRENA)

PEMERINTAH Israel telah menyetujui pemberian hibah kepada Intel sebesar USD3.2 miliar (Rp49,4 triliun), untuk pembangunan fasilitas produksi chip di wilayah Israel selatan, tanpa keterkaitan dengan ketegangan melibatkan Hamas yang tengah terjadi.

Langkah Intel ini dinilai sebagai satu langkah lebih maju dalam memperkuat rantai pasokan global dan meningkatkan ketahanan dalam menghadapi tantangan. Selain investasi ini, Intel juga berencana untuk memperluas fasilitas manufaktur di Eropa dan Amerika Serikat.

Hibah ini, berkontribusi sebesar 12,8 persen dari total investasi, merupakan bagian dari upaya Israel untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi. Intel juga berkomitmen untuk pengadaan barang dan jasa senilai 60 miliar shekel dari pemasok Israel selama dekade berikutnya.

Baca juga: Uni Eropa Kurangi Rekor Denda Antimonopoli Intel

Fasilitas ini diperkirakan akan menciptakan beberapa ribu peluang pekerjaan. Sebagai informasi, Intel telah mengoperasikan empat fasilitas pengembangan dan produksi di Israel dan mempekerjakan hampir 12.000 pekerja.

Selain itu, Intel telah mengkonfirmasi rencana investasinya di Israel setelah pengumuman sebelumnya dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Konstruksi sedang berlangsung untuk perluasan, dengan kemajuan dalam pengembangan kamar bersih dan bangunan pendukung, termasuk pengecoran tiang pancang dan lantai awal.

Baca juga: Intel Umumkan Rencana Peningkatan Produksi

Proyeksi pembukaan pabrik baru tersebut direncanakan pada tahun 2027 mendatang, dan pengoperasiannya diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2035. Investasi Intel tidak hanya memperkuat kehadirannya di Israel namun juga menandai kontribusi signifikan terhadap lanskap ekonomi dan sektor ketenagakerjaan negara tersebut.

Pendekatan berwawasan ke depan yang dilakukan perusahaan raksasa teknologi ini sejalan dengan strategi globalnya, serta menekankan perannya dalam rantai pasokan teknologi yang terus berkembang. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat