visitaaponce.com

Zephyrus G14 dan G16, Duo Laptop ROG dengan Layar OLED Tertipis di Dunia

Zephyrus G14 dan G16, Duo Laptop ROG dengan Layar OLED Tertipis di Dunia
ROG Zephrus G14.(MI/LUTFI SHEYKAL)

ROG Republic of Gamers (ROG) telah mengumumkan kedatangan dua laptop gaming di Tanah Air yang revolusioner dengan keunggulan layar OLED yang paling tipis dan ringan di dunia, yaitu ROG Zephyrus G14 (2024) dan Zephyrus G16 (2024). 

Dua perangkat ini mewakili langkah awal ROG dalam memanfaatkan teknologi layar ROG Nebula Display dengan panel OLED, yang menghasilkan ketebalan yang ringan seberat 1,5 kg untuk Zephyrus G14 dan setipis 1,49 cm untuk Zephyrus G16. Keduanya diklaim merupakan laptop gaming pertama yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) yang tersedia di Indonesia.

Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Firman juga menyampaikan laptop ini bukan hanya di tujukan kepada para gamer tetapi bidang pekerjaan lainnya seperti, programmer, editor, content creator.

Baca juga : Asus akan Hadirkan 4 Laptop Gaming Baru Awal Tahun Ini

“ROG Zephyrus G14 dan G16 kami tujukan enggak cuma para gamers, tapi juga programmer, editor, content creator. Kita arahkan ke sana. Zephyrus ini laptopnya lebih tipis, lebih stylist,” ungkap Firman, Jakarta, Rabu (21/2).

G14 hadir dengan layar 14 inci yang didukung oleh prosesor AMD Ryzen 8000 Series, sementara G16 mengusung prosesor Intel Core Ultra Series. 

Kedua jenis prosesor ini merupakan yang terbaru dalam generasinya, dilengkapi dengan NPU (neural processing unit) untuk memfasilitasi pemrosesan AI secara lebih efisien. Meskipun memiliki desain yang sangat tipis dan ringan, keduanya menawarkan performa gaming yang luar biasa berkat chip grafis NVIDIA GeForce RTX 40 Series yang menjadi salah satu komponen utama di dalamnya.

Baca juga : Asus Umumkan Jajaran Komputasi Bisnis Expert Series di Indonesia

Penggunaan chassis CNC-machine telah memungkinkan ROG untuk merancang G14 dan G16 dengan desain yang lebih modern, menggunakan material yang lebih ringan dan kokoh dibandingkan generasi sebelumnya. 

Hal ini memungkinkan kedua laptop menjadi lebih tipis dan ringan, dengan G14 yang memiliki layar 14 inci dengan berat 1,5 kg dan ketebalan 1,59 cm, serta G16 dengan layar 16 inci yang memiliki berat 1,85 kg dan ketebalan hanya 1,49 cm. Kedua laptop ini dengan yakin dapat dianggap sebagai laptop gaming paling tipis dan ringan di kelasnya.

"Berbeda dengan sebelumnya, laptop ini menggunakan blok aluminium yang diukir, sehingga lebih tahan lama juga," kata Country Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo dalam acara media Asus ROG 2024, di Jakarta, Rabu (21/2).

Baca juga : Asus Pasarkan Laptop Tipis Vivobook Go 14

Selain itu, penggunaan chassis CNC-machine juga memberikan ruang ekstra bagi keyboard dan sistem audio pada Zephyrus G14 (2024) dan Zephyrus G16 (2024). Kedua laptop hadir dengan desain keyboard edge-to-edge dengan tombol yang lebih besar dan jarak antar tombol yang lebih rapat, meningkatkan kenyamanan pengguna. Touchpad mereka juga lebih besar dari sebelumnya, memungkinkan navigasi dan kontrol yang lebih baik.

Dalam hal sistem audio, G14 dan G16 didukung oleh teknologi audio Dolby Atmos. Speaker mereka 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, menghasilkan suara 40% lebih kencang. Speaker ini adalah yang terbaik di kelas laptop gaming tipis dan ringan seperti G14 dan G16.

"Tim engineer ASUS semakin yakin mengklaim laptop ini menjadi salah satu laptop Windows dengan kualitas audio terbaik tahun ini," kata pria yang dipanggil Danu itu.

Baca juga : Asus Luncurkan Laptop ROG Baru yang Lebih Bertenaga

Totalnya, terdapat enam speaker yang tersebar, dengan beberapa menghadap ke depan dan lainnya terletak di bagian bawah laptop. Kualitas suaranya sangat mengagumkan, melampaui kebanyakan laptop lain dengan bass yang kaya namun tetap menjaga kejernihan suara pada volume yang lebih tinggi.

Keduanya juga menampilkan fitur Slash Lighting yang memberikan sentuhan modern pada desain mereka. Ini adalah lampu LED indikator eksklusif yang dapat disesuaikan melalui aplikasi Armoury Crate yang terpasang di keduanya.

G14 dan G16 juga merupakan laptop ROG pertama yang menggunakan layar OLED dengan fitur VRR (Variable Refresh Rate) melalui NVIDIA G-SYNC, menghasilkan warna yang kaya dengan color gamut 100% DCI-P3 dan response time yang cepat, cocok untuk konten kreator dan gamer hardcore. G14 menampilkan layar 14 inci dengan resolusi 3K dan refresh rate 120Hz, sementara G16 menampilkan layar 16 inci dengan resolusi 2,5K dan refresh rate 165Hz.

Baca juga : Menikmati Hiburan Digital Lebih Seru Dengan ASUS Vivobook 13 Slate OLED

"Di Zenbook dan Vivobook belum mendukung VRR karena bukan laptop gaming. Nah, ROG Zephyrus G14 dan G16 baru pakai OLED serta mendukung VRR dengan Nvidia G-Sync, yang pertama di dunia," jelas Danu.

Ia menjamin, kualitas layar Asus Zephyrus G14 tidak akan berkurang sama sekali, bahkan lebih baik. Menurutnya, kualitas layar laptop gaming ini sudah berada pada standar Asus ROG Nebula Display.

"Ini adalah terobosan ROG dalam segi layar yang dapat mengakomodasi para content creator sekaligus gamer," ungkapnya.

Asus Indonesia menyampaikan G14 danG 16 akan resmi dipasarkan di Indonesia pada 14 Maret 2024. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat