visitaaponce.com

Leica Geosystem dan Sonar Nusantara Utama Hibahkan Software Leica Cyclone ke ITS

Leica Geosystem dan Sonar Nusantara Utama Hibahkan Software Leica Cyclone ke ITS
Pemberian hibah perangkat lunak Leica ke Departemen Teknik Geomatika ITS(Dok. Sonar Nusantara Utama)

TEKNOLOGI pemetaan geospasial terus mengalami kemajuan di era digitalisasi dengan skala yang lebih luas dan inovatif. Hal itu turut didorong oleh pemanfaatannya di kalangan perguruan tinggi, terutama di jurusan Teknik Geomatika.

Hal itu mendorong Leica Geosystem Indonesia dan PT Sonar Nusantara Utama memberikan hibah berupa perangkat lunak untuk pemodelan dan analisis data laser scanner kepada Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Hibah itu meliputi Leica Cyclone Register 360 PLUS, Leica Cyclone 3DR, Leica Cloudworx for Revit, AutoCAD dan BricsCAD. Hibah itu diberikan Leica Geosystems Indonesia melalui PT Sonar Nusantara Utama dan diterima langsung oleh Kepala Departemen Teknik Geomatika ITS.

Baca juga : Bangun Smart City, Indonesia-Korea Selatan Kerja Sama Teknologi Geospasial

“Hibah ini menegaskan komitmen Leica Geosystem Indonesia dan PT Sonar Nusantara Utama dalam mendukung pengembangan dan peningkatan fasilitas teknologi di Departemen Teknik Geomatika ITS,” kata Esha E. Saratoga, CEO PT Sonar Nusantara Utama 

Dengan hibah perangkat lunak itu, Departemen Teknik Geomatika ITS kini memiliki sumber daya untuk mengoptimalkan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di lingkungan kampus. Hal ini juga menciptakan tonggak penting dalam kemajuan teknologi khususnya di ranah geomatika.

Leica Cyclone Register 360 PLUS, Leica Cyclone 3DR hingga BricsCAD merupakan kombinasi software yang dapat digunakan untuk melakukan pemindaian laser, meregistrasi dan mengelola data pemindaian, membuat model 3D yang akurat serta mampu mengintegrasikannya ke dalam lingkungan desain dan konstruksi yang lebih besar. 

Baca juga : Azul Ungkap Hasil Survei dan Laporan State of Java

Esha berharap, hibah itu tak hanya dapat menciptakan hubungan yang lebih erat antara dunia akademis dan industri survei pemetaan, tetapi juga dapat membuka peluang untuk kolaborasi lebih lanjut dalam pengembangan teknologi khususnya teknologi survey dan pemetaan.

Keberhasilan itu menjadi inspirasi bagi mahasiswa, dosen, dan pihak terkait untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menghadirkan solusi teknologi terkini untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan masyarakat.

“Terwujudnya kolaborasi antara PT Sonar Nusantara Utama, Leica Geosystem Indonesia dan Teknik Geomatika ITS melalui hibah canggih Leica Cyclone diharapkan menjadi sebuah terobosan dalam memajukan teknologi dan ilmu geomatika,” pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat