visitaaponce.com

Perangkat Lunak Pendukung Desain Grafis

Perangkat Lunak Pendukung Desain Grafis
Judul Buku: Photoshop.(DOK MI.)

PROSES pembuatan desain grafis dapat menggunakan cara manual atau menggunakan tangan dan dapat menggunakan komputer. Pembuatan desain grafis menggunakan komputer membutuhkan perangkat lunak grafis.

Pemilihan jenis perangkat lunak desain grafis dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis desain yang akan dibuat. Perangkat lunak grafis dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, antara lain perangkat lunak pengolah vektor, bitmap, dan tata letak atau layout.

Baca juga: Pengertian Desain Grafis, Kategorinya, dan Desainer Grafis

Berikut beberapa contoh perangkat lunak yang sering digunakan sebagai alat bantu desain yang dikutip dari buku Dasar Desain Grafis SMK/MAK Kelas X yang ditulis Hanifah Wijayanti dan Penerbit Putra Nugraha. 

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop atau biasa disebut Photoshop ialah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar untuk perangkat lunak, pengolah gambar atau foto, dan bersama Adobe Acrobat dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Baca juga: Pengertian Warna, Makna, Jenis, dan Skemanya dalam Desain Grafis

CorelDRAW

CorelDRAW ialah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. CorelDRAW merupakan software yang paling banyak digunakan oleh para desainer vektor. Hal ini karena gambar yang dihasilkan lebih baik dari software lain.

Inkscape

Inkscape merupakan perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas atau gratis di bawah lisensi GNU GPL. Anda bisa mendapatkan inkscape melalui alamat www.inkscape.org. Inkscape dapat digunakan di beberapa sistem operasi, yaitu Windows, linux OS, dan bisnis.

Baca juga: Memahami Prinsip Tata Letak atau Lay Out dalam Desain Grafis

D Studio Max

3D Studio Max adalah perangkat lunak komputer grafis untuk membuat animasi 3D, model, dan gambar. Aplikasi ini dikembangkan dan diproduksi oleh Autodesk Media and Entertainment. Aplikasi ini telah memiliki kemampuan pemodelan, arsitektur plugin yang fleksibel, dan dapat digunakan pada platform Microsoft Windows. Aplikasi ini sering digunakan oleh pengembang permainan video, studio TV komersial, studio visualisasi arsitektur, dan dapat digunakan untuk memberi efek film.

Adobe Illustrator

Adobe Ilustrator adalah editor grafis vektor yang dikembangkan di pasaran oleh Adobe Systems. Adobe Illustrator mirip dalam ruang lingkup, pasar yang dituju, dan fungsionalitas untuk pesaingnya yaitu CorelDRAW, Xara Designer Pro, dan Mackro Media Freehand.

Microsoft Paint

Paint merupakan aplikasi yang digunakan untuk menggambar sederhana. Aplikasi ini disediakan oleh Windows mulai dari versi XP. Penggunaannya sangat mudah, karena tools yang disediakan dan tampilannya tergolong sangat sederhana dibandingkan perangkat lunak editor sektor lain.

Adobe Indesign

Adobe Indesign merupakan software grafis keluaran Adobe yang berfungsi melakukan tugas pengaturan tata letak atau layout. Adobe Indesign merupakan penyempurnaan dari software Adobe PageMaker dengan fitur yang lebih mudah digunakan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat