visitaaponce.com

Daftar 3 Penyedia Jaringan 5G di Indonesia

Daftar 3 Penyedia Jaringan 5G di Indonesia
Penyedia jaringan 5G di Indonesia(Ist)

PENGEMBANGAN teknologi 5G di Indonesia telah menjadi fokus pemerintah dan industri telekomunikasi dalam beberapa tahun terakhir. Jaringan 5G adalah generasi kelima dalam jaringan seluler.

Ini merupakan standar wireless global terbaru setelah jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G. Jaringan 5G adalah representasi jaringan baru yang didesain untuk menghubungkan hampir semua orang dan segala sesuatu, termasuk mesin, objek, dan perangkat.

Teknologi jaringan seluler 5G memberikan kecepatan data puncak multi-Gbps (miliar bit per detik) yang lebih tinggi, dan juga memiliki tingkat latensi yang sangat rendah. Dengan kapasitas jaringan yang besar, internet 5G menjadi lebih andal, memberikan pengalaman pengguna yang lebih seragam, memungkinkan pengguna baru, dan menghubungkan industri-industri modern.

Baca juga: Jaringan SD-WAN Optimalkan Performa Aplikasi Perusahaan

Bagi masyarakat umum, jaringan internet 5G memiliki potensi besar untuk meningkatkan cara kita menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Ini membuat aktivitas seperti panggilan video, streaming, bermain game, dan mengunduh berkas berukuran besar menjadi lebih cepat dan lancar.

Kecepatan rata-rata internet 5G di Indonesia saat ini adalah 64,3 Mbps untuk kecepatan mengunduh dan 19,6 Mbps untuk kecepatan mengunggah.

Baca juga: Cara Sharing Printer menggunakan Jaringan LAN

Menurut laporan OpenSignal yang mencakup periode 1 Februari hingga 1 Mei 2022, kecepatan internet di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan dengan negara terdepan, Korea Selatan, yang memiliki kecepatan rata-rata 449,31 Mbps untuk mengunduh dan 36,1 Mbps untuk mengunggah.

Meskipun belum mencapai tingkat perkembangan seperti negara-negara lain, pemerintah terus mendorong pengembangan layanan 5G di Indonesia, sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 2/2021 tentang Rencana Strategis Kementerian.

Hingga akhir tahun lalu, ada 9 kota di Indonesia yang memiliki akses ke jaringan 5G, yaitu:

1. Jabodetabek
2. Bandung
3. Batam
4. Balikpapan
5. Makassar
6. Surakarta
7. Surabaya
8. Denpasar
9. Medan

Tiga operator seluler yang telah mendapatkan izin dari pemerintah untuk menyediakan layanan 5G secara komersial di Indonesia adalah Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata.

Telkomsel

Layanan 5G dari Telkomsel tersedia di wilayah Jabodetabek, termasuk beberapa kawasan perumahan seperti Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, dan Widya Chandra. Telkomsel juga menyediakan layanan 5G Hotspot di beberapa gerai GraPARI di beberapa kota.

Indosat Ooredoo

Jaringan 5G dari Indosat Ooredoo terbatas pada beberapa kota seperti Jakarta, Solo, Surabaya, dan Makassar.

XL Axiata

XL Axiata menawarkan layanan 5G dengan cakupan yang terbatas, termasuk di jalan Margonda, Depok, area Gedung Sate, Bandung, dan beberapa titik XL Center di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat