visitaaponce.com

3 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Yang Mudah dan Anti Ribet, Lengkap dengan Biayanya

3 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Yang Mudah dan Anti Ribet, Lengkap dengan Biayanya!
Ilustrasi cara transfer pulsa Telkomsel(Telkomsel)

Kamu mungkin akan membutuhkan cara transfer pulsa Telkomsel dalam keadaan darurat. Sebab, tidak semua pelanggan Telkomsel mengetahui cara berkirim pulsa ini.

Transfer pulsa Telkomsel merupakan layanan yang memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk mengirimkan sebagian dari kredit pulsa kepada pelanggan Telkomsel lainnya.

Layanan ini seringkali digunakan untuk membantu keluarga atau rekan yang mungkin membutuhkan pulsa tambahan dalam kondisi darurat atau ketika mereka tidak memiliki akses untuk membeli pulsa secara mandiri.

Baca juga : Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Pulsa sendiri sangat berguna, misalnya untuk berbagai keperluan komunikasi, seperti melakukan panggilan, mengirim pesan, atau menggunakan layanan data.

Cara transfer pulsa telkomsel juga terbilang mudah. Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengirim dan penerima ketika ingin melakukan transfer pulsa Telkomsel. Salah satunya adalah jumlah minimal transfer pulsa. Jumlah pulsa yang dikirimkan paling sedikit yaitu Rp5.000.

Baca juga : 6 Cara Mudah dan Cepat Cek Pulsa Telkomsel

Selain itu, catatan lain yang perlu diingat adalah penambahan pulsa melalui layanan transfer pulsa tidak akan memperpanjang masa aktif kartu pengguna.

Dengan demikian, bagi penerima pulsa yang masa aktif kartunya akan segera berakhir, disarankan untuk mengisi pulsa sendiri guna memperpanjang masa aktif tersebut. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi MyTelkomsel, aplikasi e-commerce, ataupun toko offline yang menjual pulsa.

Meskipun penambahan pulsa tidak memperpanjang masa aktif, tetapi tetap memiliki manfaat lainnya. Oleh karena itu, memiliki persediaan pulsa yang cukup juga merupakan langkah yang bijak dalam mengantisipasi kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Baca juga : 5 Cara Beli Masa Aktif Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

Dengan adanya layanan transfer pulsa Telkomsel, melakukan pengiriman pulsa kepada sesama pengguna kapan pun dan dimanapun menjadi lebih mudah.

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

1. Cara transfer pulsa telkomsel lewat aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengirimkan pulsa Telkomsel yaitu dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel.

Dengan adanya aplikasi ini, proses pengiriman pulsa kepada sesama pengguna Telkomsel menjadi lebih sederhana dan tidak rumit.

Baca juga : Gandeng Telkomsel, PT GBS Akselerasi Digitalisasi Perkebunan Melalui Internet 4G

Melalui fitur khusus bernama "Kirim Hadiah" dalam aplikasi MyTelkomsel, pengguna dapat dengan mudah membagikan pulsa kepada teman atau keluarga yang membutuhkan pulsa.

Pertama-tama, pengguna perlu membuka aplikasi MyTelkomsel yang telah diunduh ke dalam perangkat iOS ataupun Android.

Setelah membuka aplikasi, pada halaman "Beranda" kamu dapat menemukan opsi "Kirim Hadiah" dengan ikon kotak kado.

Baca juga : 3 Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel Murah

Ketika sudah memilih opsi "Kirim Hadiah", berikutnya akan muncul tampilan kolom yang meminta kamu untuk memasukkan nomor penerima pulsa. Kamu juga bisa memilih nomor telepon penerima dari daftar kontak yang tersedia di handphone.

Jika sudah memilih kontak penerima, tekan tombol "Lanjutkan" yang ada di bagian bawah layar.

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke tab "Kirim Pulsa". Pada bagian ini kamu dapat memasukkan nominal pulsa yang ingin dibagikan kepada nomor penerima, mulai dari Rp5.000 hingga Rp2.000.000 dengan kelipatan Rp1.000.

Baca juga : 3 Cara Transfer Pulsa dan Kuota Indosat

Misalnya Rp5.000, Rp6.000, Rp7.000, Rp8.000, Rp9.000, Rp10.000, dan seterusnya.

Kamu bisa melakukan transfer pulsa lebih dari satu kali per hari hingga 400 transaksi, baik ke nomor yang sama atau berbeda. Namun, perlu diingat bahwa batas maksimum transfer pulsa yang dapat diterima oleh satu nomor ponsel secara keseluruhan yaitu Rp10.000.000 per harinya.

2. Cara transfer pulsa telkomsel lewat kode UMB

Kamu juga dapat berbagi pulsa ke sesama pengguna Telkomsel dengan memanfaatkan kode UMB (Unstructured Supplementary Service Data).

Baca juga : Perkuat Pengembangan Ekosistem EV, Wuling Gandeng Tiga BUMN

Kode ini merupakan teknologi yang digunakan oleh operator telekomunikasi untuk memberikan layanan tambahan dan akses ke berbagai fitur tertentu melalui perangkat seluler, tanpa memerlukan koneksi internet.

Kode UMB biasanya diakses dengan memasukkan kode khusus yang dimulai dengan tanda bintang (*) dan diakhiri dengan tanda pagar (#) di layar panggilan.

Kode ini merupakan cara yang umum digunakan untuk mengakses layanan seperti pemeriksaan pulsa, pengisian ulang pulsa, aktivasi paket data, atau layanan lainnya yang disediakan oleh operator.

Baca juga : Telkomsel Resmi Dinakhodai Nugroho, Perusahaan Optimis Tingkatkan Kinerja di 2024

Adapun cara transfer pulsa telkomsel lewat kode UMB, yaitu dengan mengetik kode *858# di layar panggilan lalu klik "Panggil" atau "Call".

Setelah muncul tampilan "Info Operator", pilih opsi "1. Transfer Pulsa" dengan mengetik angka 1 lalu klik "Kirimkan".

Selanjutnya, masukkan nomor penerima pulsa dan nominal yang ingin dikirimkan secara bertahap pada kolom balasan.

Baca juga : Digital Alliance Hadir untuk Perkuat Ekosistem dan Talenta Digital di Tanah Air

Untuk pengiriman pulsa melalui kode UMB, jumlah minimal pulsa yang bisa dibagikan masih sama seperti di aplikasi, yaitu Rp5.000.

Jika transaksi berhasil, kamu akan menerima notifikasi di layar handphone kamu.

3. Cara transfer pulsa telkomsel lewat SMS

Membagikan pulsa lewat layanan SMS juga sangat mudah dan lebih ringkas, karena kamu bisa langsung memasukkan nomor telepon penerima dan juga nominal pulsa yang ingin dikirim.

Baca juga : Telkomsel Pilih Huawei Cloud Sebagai Provider FMC Big Data Platform

Cara transfer pulsa telkomsel lewat SMS dapat dimulai dengan membuka aplikasi pesan di handphone.

Kemudian, ketik “TPULSA [spasi] nominal pulsa yang ingin ditransfer”.

Pada kolom penerima, masukkan nomor telepon pengguna yang akan penerima transfer pulsa. Kamu bisa mengetiknya ataupun memilihnya dari daftar kontak.

Baca juga : Perkuat Layanan Digital 14,7 Nasabah, PNM Gandeng Telkomsel

Biaya Transfer Pulsa Telkomsel

Sebagai catatan tambahan, layanan transfer pulsa ini memerlukan biaya administrasi yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transaksi, baik melalui aplikasi MyTelkomsel terbaru ataupun kode UMB.

Biaya ini merupakan tarif dasar yang dimulai dari Rp1.850. Adapun tarif tambahan untuk transfer pulsa yang telah dilakukan lebih dari 10 kali yaitu mulai dari Rp1.000.

Berikut nominalnya:
a. Transfer pulsa dengan nominal Rp5.000 - Rp19.900 perlu membayar tarif dasar sebesar Rp1.850 dan tarif tambahan Rp1.000.
b. Transfer pulsa dengan nominal Rp20.000 - Rp49.900 perlu membayar tarif dasar sebesar Rp2.500 dan tarif tambahan Rp1.500.
c. Transfer pulsa dengan nominal Rp50.000 - Rp99.900 perlu membayar tarif dasar sebesar Rp3.000 dan tarif tambahan Rp2.000.
d. Transfer pulsa dengan nominal Rp100.000 - Rp199.900 perlu membayar tarif dasar sebesar Rp5.000 dan tarif tambahan Rp3.500.
e. Transfer pulsa dengan nominal Rp200.000 - Rp299.000 perlu membayar tarif dasar sebesar Rp7.500 dan tarif tambahan Rp6.000.
f. Transfer pulsa dengan nominal Rp300.000 - Rp499.000 perlu membayar tarif dasar sebesar Rp10.500 dan tarif tambahan Rp8.000.
g. Transfer pulsa dengan nominal Rp500.000 - seterusnya perlu membayar tarif dasar sebesar Rp14.000 dan tarif tambahan Rp10.500.

Baca juga : Dunia Games Telkomsel dan Panorama Media Hadirkan Indonesia Comic Con x DG Con 2023

Itulah beberapa cara transfer pulsa telkomsel yang penting untuk kamu pahami. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi, fitur SMS, ataupun melalui kode UMB. Mudah bukan?

Ada atau tidaknya kuota internet pun tak jadi masalah. Hal penting yang perlu diingat adalah nomor pengirim pulsa harus aktif dan tidak dalam masa tenggang, serta pastikan jumlah pulsa yang kamu miliki cukup untuk melakukan transfer.

Layanan transfer pulsa memang memberikan kemudahan bagi kamu atau pelanggan Telkomsel lain yang memerlukan pulsa tambahan dengan cepat.

Baca juga : Telkomsel Hadirkan Koneksi 4G/LTE di Desa Terpencil

Ini bisa terjadi misalnya ketika seseorang kehabisan pulsa saat sedang dalam perjalanan atau ketika terjadi keadaan darurat yang membutuhkan akses telekomunikasi.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Angelina Alegowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat