visitaaponce.com

Kebutuhan Printer Meningkat, Canon Hadirkan 2 Printer Premium

Kebutuhan Printer Meningkat, Canon Hadirkan 2 Printer Premium
Printer Maxify GX1070 (kanan) dan GX2070 dari Canon.(MI/BUDI ERNANTO)

BERDASARKAN data lembaga riset IDC, tahun depan diprediksi bakal terjual 1,3 juta printer ink tank di Indonesia. Dari jumlah tersebut, Canon membidik pangsa pasar 35% atau 455.000.

Dari target yang dibidik itu, 19% ialah printer untuk kelas low-end, 80% kelas mid-end, dan kurang dari 1% menyasar kelas high-end.

Assistant Marketing Manager Canon Business Unit PT Datascrip Marcellinus Lirus mengatakan target yang dipasang terbilang masuk akal karena printer masih dibutuhkan meski saat ini sudah era paperless.

"Tahun ini prediksinya 1,2 juta, tahun depan naik 1,3 juta. Artinya kebutuhan akan printer naik. Mitra kami juga masih melihat itu. Printer tidak akan mati karena untuk beberapa hal, urusan mencetak masih diperlukan," terang Marcellinus kepada Media Indonesia baru-baru ini.

"Setuju kita mulai digitalisasi, tapi kita rasanya ada yang kurang kalau tidak merasakan, tidak bisa menyentuh. Sama seperti ketika pandemi sampai sekarang, awalnya rapat online, tapi jenuh juga sampai akhirnya tatap muka," sambung dia.

Karena itu lah, lanjut Marcellinus, Canon menghadirkan Maxify GX1070 dan GX2070. Keduanya merupakan printer kelas high-end karena dibanderol di atas angka Rp10 juta. Untuk GX1070, dijual dengan harga Rp10.265.000 dan GX2070 di harga Rp11.575.000.

Dua produk baru Canon itu dirilis di Indonesia guna memenuhi kebutuhan bisnis atau digunakan di kantor karena memang dimaksudkan untuk mencetak dokumen.

"Kalau dipakai untuk pengguna perorangan, fitur-fiturnya akan mubazir. GX1070 dan GX2070 untuk pengguna yang produktivitasnya tinggi. Karenanya target penjualannya masuk ke kurang dari 1% atau 500-1.000 printer saja," tutur Marcellinus.

Baca juga:

Canon Hadirkan 4 Large Format Printer Terbaru

Canon PhotoMarathon Jakarta akan Digelar 2 September

Sementara Canon Business Unit Director PT Datascrip Monica Aryasetyawan mengatakan kehadiran GX1070 dan GX2070 akan membuat pekerjaan print, scan, dan copy menjadi lebih mudah dan cepat. "Dengan formulasi tinta pigmen unik yang menggabungkan warna-warna cerah dan kualitas tinta tahan air, pengguna dijamin akan mendapatkan hasil cetak yang tahan lama dan berkualitas, bahkan jika dokumen tidak sengaja terkena tumpahan air,” terang dia.

Untuk urusan kecepatan mencetak, kedua printer itu mampu mencetak dengan kecepatan 15 image per minute (IPM) untuk gambar hitam putih dan 10 IPM untuk mencetak berwarna. Kedua printer ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pencetakan auto duplex otomatis yang canggih yang dapat mencetak pada kedua sisi kertas dengan mudah.

Sehingga pengguna bisa mengurangi konsumsi kertas dan menghemat waktu proses pencetakan, serta lebih ramah lingkungan dan lebih hemat biaya. Pada GX2070 juga sudah terdapat fitur Automatic Document Feeder (ADF) cepat yang unggul untuk urusan scan dan copy dokumen dalam jumlah banyak. 

Dari segi konektivitas, kedua printer ini sudah dilengkapi dengan konektivitas LAN dan Wi-Fi sehingga pengguna dapat mencetak dengan mudah dan nyaman langsung dari perangkat laptop, smartphone, atau tablet.

Pengguna juga bisa print, scan, dan copy dokumen ke penyimpanan cloud menggunakan aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY. Keamanan data dokumen juga ditingkatkan dengan teknologi enkripsi WPA3 dan TLS 1.3 terbaru melalui jaringan nirkabel dengan beberapa titik akses, sehingga printer akan secara otomatis mendeteksi kekuatan sinyal dan tingkat keamanan jaringan, sebelum memilih jaringan yang aman untuk mencegah kebocoran data oleh pihak yang tidak diinginkan.

Selain itu, GX2070 juga sudah dilengkapi dengan panel operasi LCD layar sentuh berwarna berukuran 2,7 inci yang dapat dimiringkan, sehingga memastikan navigasi yang intuitif dan memudahkan pengguna saat mencetak. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat