visitaaponce.com

BI Sumbar Dorong Peningkatan Transaksi melalui KPPD

BI Sumbar Dorong Peningkatan Transaksi melalui KPPD
Konsumen melakukan pembayaran non tunai menggunakan QRIS di Gade Coffe Padang, Sumatra Barat, Senin (26/2/2024)(ANTARA/Iggoy el Fitra)

KEPALA Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Sumatra Barat Endang Kurnia Saputra mengatakan, BI Sumbar mendorong peningkatan transaksi melalui Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

"BI Sumbar meningkatkan asistensi ke pemerintah daerah agar melakukan transaksi pembayaran non tunai," kata Endang Kurnia Saputra, Jumat (28/6).

Endang Kurnia Saputra menambahkan, transaksi yang diminta oleh pemerintah pusat pada pemerintah daerah harus secara elektronik.

Baca juga : BI Perkuat Kebijakan Sistem Pembayaran

"Misalnya bayar pajak bisa lewat ATM atau menggunakan QRIS," tambahnya.

Untuk itu lanjut Endang Kurnia Saputra , BI Sumbar akan mendampingi pemerintah daerah untuk percepatan elektronifikasi transaksi.

Menurut Endang Kurnia Saputra , saat ini masih terdapat 9 kabupaten/kota di Sumbar yang cenderung masih melakukan Pembayaran transaksi pemerintahan secara tunai

Baca juga : BI Dorong Perluasan Digitalisasi Sistem Pembayaran

Endang Kurnia Saputra menjelaskan, hambatan dalam penerapan digitalisasi pembayaran di daerah dan penerapan KKPD, yakni permasalahan infrastruktur telekomunikasi, ditambah belum adanya peraturan daerah.

"Kita akui, salah satu kendala adalah terkait sinyal telekomunikasi, jadi kita butuh infrastruktur, terutama untuk daerah 3 T( tertinggal,
terdepan dan terluar," kata Adang

"Kita akan lakukan Capacity Building untuk penerapan digitalisasi bagi pemerintah daerah, rencananya akan diadakan 20 April ini," pungkasnya.
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat