visitaaponce.com

BI Belum Ada Pengajuan Formal dari Alipay untuk Beroperasi di Indonesia

BI: Belum Ada Pengajuan Formal dari Alipay untuk Beroperasi di Indonesia
Ilustrasi(CIMB Niaga)

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengungkapkan belum ada pengajuan formal dari Ant Group, selaku pemilik aplikasi pembayaran Alipay, kepada BI. Sebelumnya, berembus kabar Alipay akan dibawa masuk ke Indonesia sebagai salah satu penyelenggara jasa sistem pembayaran di Tanah Air.

"Secara formal belum ada pengajuan dari Alipay kepada BI sebagai penyelenggara jasa sistem pembayaran," kata Filianingsih dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (224/4).

Ia mengatakan perwakilan Ant Group, yang merupakan perusahaan asal Tiongkok hasil inisisasi Jack Ma, belum datang datang ke kantor BI untuk meminta pre-consultative meeting guna menggali lebih dalam terkait persyaratan yang diperlukan.

Baca juga : IHSG Kembali Ditutup Melemah

"Biasanya para pemohon itu datang ke Bank Indonesia untuk meminta pre consultative meeting. Kami berbincang-bincang dulu untuk tahu apa saja persyaratannya. Ini belum," tuturnya.

BI bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senantiasa memastikan setiap penyedia jasa pembayaran (PJP) memenuhi aspek standar keamanan sistem informasi, termasuk untuk menyediakan layanan penggunaan sistem pembayaran yang aman dan andal.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengaku sudah mengajak berdiskusi salah satu raksasa teknologi finansial global untuk pengembangan potensi ekonomi di Indonesia.

Adapun perusahaan yang dimaksud ialah Ant International. Dalam diskusi itu, ada tiga hal yang dibahas yakni pembangunan fasilitas joint-lab atau laboratorium bersama, penguatan kontribusi untuk program pengembangan talenta digital lewat Digital Talent Scholarship (DTS) dan Digital Talent Academy (DTA), serta membahas tata kelola data lintas batas yang aman. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat