visitaaponce.com

Confluent Hadirkan Data Streaming Bantu Perusahaan Tumbuh di Tanah Air

Confluent Hadirkan Data Streaming Bantu Perusahaan Tumbuh di Tanah Air
Rully Moulany, Area VP Asia, Confluent.(Ist)

SEIRING dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi informasi, penggunaan data real-time bagi perusahaan menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Penggunaan data real-time memungkinan umtuk mengambil keputusan yang cepat dan strategi sekaligus mengurangi tekanan pada infrastruktur.

"Dengan menggunakan teknologi Apache Kafka, menggerakkan data menjadi sangat penting bagi kesuksesan perusahaan modern," kata Rully Moulany, Area VP Asia, Confluent pada Acara Temu Wartawan Confluent di Jakarta, baru-baru ini atau Kamis (6/12).

Baca juga: Confluent Luncurkan Data Streaming untuk AI Dukung Aplikasi AI Real-Time

Rully menjelaskan bahwa Confluent memiliki tujuan  menggerakkan data, melalui penerapan infrastruktur yang dimodernisasi dan membuka nilai baru dari data, yang akan menghubungkan seluruh organisasi untuk membangun aplikasi yang cerdas dan real-time.

Ia menjelaskan dengan platform cloud-native lengkap yang berjalan di mana saja, mulai dari lingkungan on-prem hingga multi atau hybrid.

"Confluent memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan, menyimpan, memproses, mengatur, dan berbagi data dengan keamanan tingkat tinggi dan mendorong nilai bisnis yang nyata," terangnya.

Hadir di Indonesia telah dari 2 tahun

Confluent telah melayani pasar Indonesia selama lebih dari 2 tahun, menyediakan platform data streaming lengkap bagi perusahaan yang memanfaatkan Kafka yang dikelola secara penuh untuk memastikan bahwa mereka memanfaatkan data real-time dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: OpenAI, Pembuat ChatGPT, Kini Bernilai Antara US$80 hingga US$90 Miliar

Beberapa industri yang telah dilayani oleh Confluent di Indonesia antara lain perbankan, telekomunikasi, pemerintahan, asuransi dan manufaktur.

Salah satu pelanggan yang telah memanfaatkan solusi Confluent dengan sukses adalah Bank BCA.

Didirikan pada tahun 1957, Bank BCA merupakan Bank swasta terbesar di Indonesia dengan kepemilikan aset sebesar Rp. 1.029,83 triliun (USD 68,5 miliiar) selama tahun 2022.

"Bank BCA secara terus menerus telah memperkuat dan mengembangkan produk dan layanannya selama bertahun-tahun, khususnya di bidang perbankan elektronik, dengan meluncurkan Debit BCA, Tunai BCA, internet banking KlikBCA, mobile banking m-BCA, dan EDCBIZZ," jelas Thomas Lahey, Executive Vice President (EVP) IT BCA.

"BCA telah menggunakan solusi software Confluent sejak tahun 2018 dan merupakan salah satu pelanggan perbankan Confluent pertama di Indonesia," jelas Thomas.

Baca juga: Kini Confluent Telah Tersedia Marketplace SAP® Store

Ia mengakui bahwa Confluent telah membantu BCA dalam mendorong transformasi digital untuk meningkatkan posisi bank di pasar, memperkuat perbankan digitalnya dan meningkatkan pengalaman nasabah.

Pentingnya Data Streaming bagi Perusahaan

Lebih lanjut Rully melanjutkan bahwa data streaming memberdayakan organisasi untuk menjadi lebih gesit karena mereka memiliki aliran wawasan yang selalu aktif yang diproses dari data real-time.

"Maka perusahaan dapat memperbarui aplikasi dengan downtime yang rendah, meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi kerumitan," jelasnya.

Dengan data streaming, memungkinkan perusahaan mengambil keputusan yang lebih berbasis data.

Perusahaan juga  dapat membangun pengalaman pelanggan yang lebih kuat di seluruh saluran dan memberikan wawasan pelanggan yang lebih akurat yang pada akhirnya menghasilkan retensi yang lebih tinggi dan dampak bisnis yang lebih besar.

Data streaming dapat mengalokasikan waktu dan sumber daya dengan lebih baik, sehingga SDM perusahaan  dapat lebih fokus pada inovasi.

"Selain itu, data streaming juga dapat menjaga transparansi dan kontrol  atas informasi mereka sendiri sekaligus memungkinkan bisnis untuk mempersonalisasi setiap pengalaman digital," tutur Rully.

Confluent Memiliki Solusi Berbeda 

Solusi yang tidak hanya menyelesaikan masalah batch-pipeline, tetapi juga menyelesaikan masalah mendasar yang menghambat perusahaan dari apa yang seharusnya dilakukan hari ini, dan untuk hari esok, sehingga semuanya akan lebih mudah diadopsi dari sebelumnya.

Baca juga: Pelopor Data Streaming Confluent Perluas Kemitraan dengan Google Cloud

"Platform data streaming seperti Confluent adalah yang terdepan. Ini adalah jalur yang dapat merubah kekacauan data menjadi produk data dan pada akhirnya menjadi data yang mempunyai nilai yang unggul," papar Rully.

Data Streaming Dorong Nilai Bisnis dan ROI yang Kuat

Confluent  APAC Data Streaming Report 2023, melaporkan bahwa sebanyak 68% organisasi di Level 2 dengan tingkat penggunaan data streaming yang matang akan mencapai atau mengantisipasi keuntungan 2x-5x lipat dan ini meningkat menjadi 75% pada perusahaan Level 3.

Sebanyak 73% pemimpin TI melaporkan bahwa organisasi mereka melihat manfaat yang signifikan atau manfaat yang akan muncul dari data streaming dalam hal peningkatan profitabilitas produk atau layanan.

Data streaming mendorong efisiensi TI dan bisnis yang lebih besar di lebih dari 3 dari 4 perusahaan.

Sebanyak 89% perusahaan mengatakan bahwa investasi dalam data streaming itu penting, dengan 49% menyebutkannya sebagai prioritas strategis utama untuk investasi TI secara keseluruhan.

Selain itu, 69% pemimpin TI mengatakan bahwa mereka menggunakan data streaming untuk mendukung aplikasi penting dan 57% menyebutkan bahwa lima atau lebih sistem penting dalam organisasi mereka bergantung pada teknologi ini. (Angka ini sedikit lebih rendah dari statistik global). (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat