visitaaponce.com

Media Cetak Kanada Dapat Pembayaran Signifikan dari Google

Media Cetak Kanada Dapat Pembayaran Signifikan dari Google
Media cetak di Kanada akan menerima hampir dua pertiga dari pembayaran tahunan sebesar US$75 juta dari Google.(AFP)

MEDIA cetak Kanada akan menerima hampir dua pertiga dari pembayaran tahunan sebesar Can$100 juta (US$75 juta) dari Google kepada media berita negara tersebut sebagai gantinya atas distribusi kontennya, sesuai pernyataan pemerintah federal.

Pada akhir November, setelah berbulan-bulan negosiasi, Ottawa dan Google mengumumkan kesepakatan "bersejarah," di mana raksasa teknologi tersebut akan membayar kompensasi kepada perusahaan media Kanada atas kehilangan pendapatan iklan.

"Bagian yang akan diterima televisi dan radio dibatasi pada 30%, CBC/Radio-Canada (penyiar publik Kanada) pada tujuh persen, yang meninggalkan 63% sisanya untuk pers tertulis," kata seorang pejabat federal kepada para wartawan dalam sebuah briefing.

Baca juga: Gemini AI, Model Kecerdasan Buatan Terbaru dari Google

Sebagian besar pembayaran akan diberikan kepada media cetak karena media ini "benar-benar bergantung" pada platform online untuk mendistribusikan kontennya, tambah pejabat tersebut. "Kanada telah mencapai sesuatu yang bersejarah," kata Menteri Warisan Kanada Pascale St-Onge kepada wartawan.

Dia mengingatkan redaksi berita mengalami krisis yang memengaruhi jurnalisme, dasar demokrasi kita.

Baca juga: Kapal Pinisi Menjadi tema Google Doole Indonesia

Kesepakatan antara Kanada dan Google merupakan bagian dari Undang-Undang Berita Online, yang bertujuan untuk mendukung sektor berita Kanada yang mengalami kesulitan dan telah kehilangan pendapatan iklan serta ratusan publikasi ditutup dalam dekade terakhir. Undang-undang ini mulai berlaku pada hari Selasa.

Meta, perusahaan induk Facebook yang juga terkena dampak dari legislasi baru ini, masih menentang teks tersebut yang disebutnya "secara mendasar cacat."

Sejak 1 Agustus, Facebook dan Instagram telah memblokir konten berita di Kanada untuk menghindari kewajiban membayar kompensasi kepada perusahaan media. Banyak media Kanada yang mengalami kesulitan keuangan, dengan beberapa mengumumkan rencana pemutusan hubungan kerja dalam beberapa minggu terakhir. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat