visitaaponce.com

Indosat dan Huawei Dorong Pengembangan Kecerdasan Buatan dan Cloud di Indonesia

Indosat dan Huawei Dorong Pengembangan Kecerdasan Buatan dan Cloud di Indonesia
Kerja sama Indosat Ooredoo dengan Huawei(Dok. Indosat)

INDOSAT Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bersama Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang bertujuan untuk mengembangkan ranah digital dengan fokus pada mendukung perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), aplikasi industri, pembangunan ekosistem, dan pengembangan kompetensi tenaga kerja. 

Penandatanganan MoU ini terjadi dalam acara Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona dan melibatkan Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha dan Presiden Global Marketing and Sales Service Dept of Huawei Cloud Computing Jacqueline Shi. 

Kedua belah pihak setuju kecerdasan buatan (AI) telah menjadi pendorong utama kemajuan teknologi global saat ini dan merupakan gelombang transformasi industri. AI juga memiliki dampak signifikan pada transformasi industri dan kehidupan manusia. 

Baca juga : Gandeng Sejumlah Universitas, Alibaba Cloud Hadirkan Inovasi AI Generatif Terbaru

Penggunaan Internet yang pesat dan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia akan dipacu oleh kemajuan AI. Dalam pengembangan digital menuju visi Indonesia Emas 2045, ekonomi digital akan menjadi pilar utama, di mana konstruksi cloud dan AI akan memainkan peran kunci.

“Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk memdemokratisasi digitalisasi di Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital Indonesia. Kemitraan ini memungkinkan kami untuk memaksimalkan tawaran layanan dengan memanfaatkan ekosistem AI dan cloud. Kami optimis inisiatif ini akan membawa Indosat di garda depan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” kata Vikram Sinha.

Melalui kolaborasi dengan Indosat, Huawei berjanji untuk terus menghasilkan terobosan dalam layanan cloud publik dan aplikasi kecerdasan buatan (AI), serta menyediakan beragam layanan bagi pengguna dan bisnis lokal. 

Layanan itu didukung oleh pengalaman teknis dan komersial Huawei di bidang public cloud dan AI. Indosat dan Huawei secara antusias bekerja sama dalam mengembangkan cloud, mitra ekosistem AI, dan sumber daya manusia AI dengan tujuan untuk memberdayakan berbagai industri dan mempercepat pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

"Kami sangat bangga atas kolaborasi dengan Indosat Ooredoo Hutchison. Kami menyadari bahwa Indonesia sedang menuju masa depan digital yang transformatif. Di Huawei, kami melihat kolaborasi ini sebagai komitmen untuk terus mendorong inovasi dan pembangunan yang berkelanjutan. Kerjasama kami menandakan visi bersama untuk memanfaatkan kekuatan AI dan komputasi cloud, mendorong pertumbuhan dan peluang di berbagai sektor industri. Kemitraan ini menegaskan komitmen kami untuk memberdayakan industri dan memajukan ekonomi digital ke depan. Bersama-sama, kami memulai perjalanan transformasional, didukung oleh kolaborasi, inovasi, dan visi bersama untuk masa depan yang lebih baik," tutup Jacqueline Shi. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat