visitaaponce.com

Peluang Cerah, Sharp makin Serius Bisnis Smartphone

Peluang Cerah, Sharp makin Serius Bisnis Smartphone
Aquos R8s pro, R8s, dan sense8.(Dokpri)

PERTUMBUHAN ekonomi Indonesia pada 2024 diproyeksi mencapai angka lebih dari 5%. Hal ini didukung dengan adanya peningkatan konsumsi rumah tangga serta daya beli masyarakat yang tetap terjaga. Di situasi ekonomi Indonesia yang cenderung stabil, lembaga riset International Data Corporation (IDC) memproyeksi pasar ponsel di Indonesia akan tumbuh pada kisaran satu digit atau kurang dari 10% di tahun ini. 

National Sales Senior GM PT Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo mengatakan kondisi perekonomian Indonesia yang cenderung stabil saat ini memberikan dampak positif bagi perusahaan di tahun lalu. "Kami berhasil menutup tahun dengan pencapaian luar biasa. Pada tahun ini kami optimistis dapat meraih target bisnis yang telah ditentukan oleh perusahaan. Tahun ini kami juga akan semakin fokus berbisnis smartphone di Indonesia dengan menghadirkan line up produk yg sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia baik dari sisi spesifikasi, fitur, dan harga, kemudian untuk dapat merebut pasar smartphone kami akan terus memperluas jaringan penjualan online maupun offline," ujarnya.

Perusahaan elektronik asal Jepang itu baru-baru ini merilis tiga produk smartphone andalan. Mereka ialah Aquos R8s pro yang memiliki kemampuan fotografi sekelas kamera mirrorless karena dibenamkan sensor kamera 1 inch, Aquos R8s mengusung layar Pro IGZO OLED dengan ukuran 6,4 inci dan resolusi 2.340 x 1.080 piksel, serta Aquos sense8 yang memiliki fitur Optical Image Stabilization (OIS) sehingga mampu merekam video/foto dengan hasil stabil walaupun dalam kondisi goyang serta bodinya yang ringan dan kemampuan militer standar. Sense8 tahan terhadap debu, air, dan guncangan yang menjadi poin lebih di kalangan anak muda yang berjiwa petualang. 

Baca juga : Butuh 0,25% untuk Capai Target Pertumbuhan 5,3% di 2023

R8s pro dan R8s pertama kali dirilis di Jepang. Kesuksesan kedua smartphone ini melatarbelakangi peluncurannya di Indonesia pada akhir 2023. Tidak ada perbedaan antara R8s series yang dipasarkan di Indonesia dengan Jepang, baik dari spesifikasi, fitur, bodi, rangka, hingga disain. Begitu juga dengan sense8. 

R8s pro

Sistem operasi pada smartphone ini menggunakan sistem Android 13 dengan layar ukuran 6,6 inci Pro IGZO OLED yang memiliki teknologi dapat mengonsumsi daya lebih rendah sekitar 80%-90% dibanding teknologi lain serta lebih responsif dan menghasilkan warna yang lebih bagus. Kemampuan merekam atau mengabadikan gambar pada ponsel ini tidak diragukan karena kamera utama dibekali resolusi 47 MP (f/1.9) dengan depth sensor resolusi 1.9 MP, serta sensor kamera 1 inci yang dapat menangkap gradasi warna, cahaya, lebih sedikit distorsi dan gambar yang lebih nyata. 

Bahkan bila menangkap gambar dengan pencahayaan yang kurang, ponsel ini mampu menghasilkan gambar yang lebih terang karena dibenamkan sensor spectrum 14ch saluran yang dapat mendeteksi 600 sumber cahaya yang berbeda. Guna memberikan kepuasan saat pengambilan gambar, R8s Pro dibenamkan baterai 5.000 mAh agar pengguna tidak perlu khawatir akan daya baterai yang cepat habis. 

Baca juga : Laris di Jepang, Aquos R8s Pro Masuk Indonesia

R8s

Smartphone tersebut menggunakan sistem operasi android 13 sama dengan sistem operasi yang digunakan R8s pro. Dibenamkan kamera 50 megapixels untuk kamera belakang dan 8 megapixels kamera depan menjadikan smartphone ini memiliki kemampuan pengambilan gambar yang mumpuni pula. 

Sebagai bentuk perlindungan, R8s mengantongi sertifikat IP68 waterproof yang antiterhadap debu dan air, bahkan dapat digunakan dalam air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit. Agar kenyamanan tidak terganggu saat bermain gim, R8s terpasang baterai 4.570 mAh.

Sense8

Smartphone ini dibalut bodi alumunium premium hingga menjadikannya tahan debu, air, dan tahan guncangan sesuai dengan standar MIL-STD-810H (ketahanan guncangan dan jatuh memenuhi MIL-STD-810G). Mengantongi sertifikat bersertifikat IP6X, sense8 masih dapat beroperasi di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. 

Baca juga : Bersamaan Lakukan Rebranding, itel Luncurkan Telepon Selular Tipe S23+

Tidak hanya itu smartphone ini pun mampu menahan tekanan atau benda dengan berat hingga 6 kg dan tetap berfungsi normal apabila terjatuh dari ketinggian maksimal 1,22 meter. Memiliki ukuran 153 x 71 x 8,4 m dengan bobot hanya 159 gram menjadikan smartphone ini teringan di kelasnya dan sangat nyaman digenggam. 

Sense8 dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 50 megapixels ditambah 8 megapixels ultra-wide dan kamera depan 8 megapixels serta image sensor 1/1,55, all PDAF, dan UW 15 mm menghasilkan tangkapan gambar yang lebih lebar. Kehadiran lampu kilat LED, memungkinkan ponsel ini mampu menangkap gambar di malam hari atau pencahayaan yang minim. 

Menurut Andry, kehadiran ketiga smartphone menyasar pemilik hobi fotografi dan para penggiat konten di media sosial. Saat ini penjualan smartphone Sharp menunjukan performa yang cukup baik. Untuk R8 series penjualan sudah mencapai 60% dari target penjualan sedangkan sense8 sudah mencapai 20%. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat