visitaaponce.com

Satu Grup dengan Jepang dan Australia, Pengamat Minta PSSI Jadwalkan Laga Uji Coba Timnas

Satu Grup dengan Jepang dan Australia, Pengamat Minta PSSI Jadwalkan Laga Uji Coba Timnas
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia Ragnar Oratmangoen (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Tanzania Mohammed Hussein (kanan(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

PENGAMAT sepak bola, Mohammad Kusnaeni mengatakan bahwa Timnas Indonesia menghadapi lawan-lawan berat di fase grup kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Indonesia tergabung dengan Tiongkok, Bahrain, Saudi Arabia, Australia, dan Japan di Grup C Round 3 Piala Dunia 2026. Untuk pertandingan Round 3 sendiri akan digelar pada bulan September 2024 mendatang.

Kusnaeni mengatakan bahwa Indonesia tetap akan menghadapi lawan yang berat. Terlepas dari hasil drawing tersebut.

Baca juga : Hasil Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Indonesia Masuk Grup C Bersama Jepang

"Hasil undian grup Round 3 ini tak bisa dikatakan menguntungkan atau merugikan. Pada dasarnya, di grup manapun kita akan menghadapi lawan-lawan yang sama beratnya," kata Kusnaeni saat dikonfirmasi, (27/6).

Kusnaeni pun merinci, bahwa Indonesia telah menghadapi Australia pada Piala Asia 2024 lalu dan itu bukan pertandingan yang mudah bagi Skuad Garuda.

Terlebih, Indonesia juga akan menghadapi Jepang di Grup C, yang notabene merupakan poros utama kekuatan sepak bola Asia.

Baca juga : Jadwal dan Link Live Streaming Drawing Round 3 Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia: Menanti Calon Lawan Timnas Indonesia

"Kita sudah pernah menghadapi Australia di Piala Asia. Tidak mudah mengalahkan mereka," katanya.

"Mengalahkan Jepang juga tidak akan mudah. Apalagi Jepang adalah tim dengan peringkat FIFA terbaik di Asia. Semua grup sama beratnya bagi Indonesia. Tidak ada grup yang lebih mudah," imbuhnya.

Kusnaeni pun mendorong PSSI supaya mempersiapkan pemain dengan lebih matang dengan melakukan serangkaian laga ujicoba dengan tim-tim yang berkualitas.

Baca juga : Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Persaingan Bakal Lebih Tinggi

"Dan sinkronkan agenda liga dengan persiapan timnas sehingga pemusatan latihan jadi efektif," tuturnya.

Jika Skuad Garuda tak mampu lolos di Round 3, lanjut Kusnaeni, Timnas masih memiliki peluang dengan mengamankan tiket untuk mengikuti kualifikasi Round 4 Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Seandainya pun coach STY tidak bisa membawa tim menembus dua posisi teratas di Grup C, jangan berkecil hati. Kita berharap masih ada kesempatan di Round 4," pungkasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat