visitaaponce.com

Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Persaingan Bakal Lebih Tinggi

Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Persaingan Bakal Lebih Tinggi
Pemain Timnas Indonesia melakukan latihan(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

KOMPETISI di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia diprediksi akan jauh lebih tinggi. Timnas Indonesia diharapkan bisa meningkatkan level menghadapi tim-tim kuat Asia.

Sebanyak 18 tim Asia memastikan lolos ke putaran ketiga dan Indonesia dipastikan bakal satu grup dengan raksasa-raksasa Asia.

Undian putaran ketiga akan dilangsungkan pada 27 Juni mendatang di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia. Berada di pot enam undian, tim Garuda menghadapi calon lawan di antaranya Jepang, Korea Selatan, Iran, Australia, Qatar, dan Arab Saudi.

Baca juga : Lawan Berat Menanti Timnas di Putaran Ketiga

Enam tim tersebut berada di pot satu dan dua. Indonesia dipastikan berjumpa dengan dua tim masing-masing dari dua pot tersebut.

"Nantinya menghadapi tim sekelas Iran, Korea Selatan, atau Jepang tentu harus ditingkatkan level permainan Indonesia. Salah satunya menguji coba dengan tim-tim yang kualitasnya di atas kita agar semakin teruji persiapannya," kata pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo ketika dimintai komentarnya, Rabu (12/6).

Menurutnya, pelatih Shin Tae-yong punya waktu untuk berbenah terutama lini depan dinilai masih kesulitan dalam penyelesaian akhir meski banyak menciptakan peluang. Shin Tae-yong dalam kesempatan terpisah juga menyadari persoalan tersebut.

Baca juga : Kendati Banyak Kesalahan, Shin Tae-yong Yakin Jordi Amat masih Punya Kualitas untuk Bela Timnas Indonesia

Di putaran ketiga, kata Kesit, tim-tim yang dihadapi akan lebih berat ketimbang putaran kedua sehingga agar tidak dibebani ekspektasi terlalu tinggi. Meski begitu, peluang tim Garuda untuk melaju lebih jauh tetap terbuka.

"Tetapi peluang itu ada. Ada 18 tim dengan juara dan runner up grup lolos langsung. Kalau Indonesia tidak berhasil tapi bisa peringkat tiga atau empat masih ada kesempatan ke putaran keempat. Kalau katakan lah tidak mampu lolos, masih ada (putaran kelima) untuk ke playoff antarkonfederasi," imbuh Kesit.

Di putaran ketiga hanya akan ada tiga grup dihuni masing-masing enam tim. Adapun Indonesia berada si pot enam bersama Korea Utara dan Kuwait.

Baca juga : Indonesia Vs Irak: Garuda Mendominasi Babak Pertama

Calon lawan lainnya dari pot tiga ialah Irak, Uzbekistan, dan Uni Emirat Arab. Lawan dari pot keempat yaitu Yordania, Oman dan Bahrain. Sementara itu, potensi duel dari pot lima ialah Tiongkok, Palestina, dan Kirgistan.

Masing-masing tim bakal melakoni sepuluh laga dengan sistem kandang dan tandang.

Juara grup dan runner up otomatis meraih tiket ke Piala Dunia 2026 sedangkan peringkat tiga dan empat melanjutkan perjuangan ke putaran keempat. Adapun dua tim terbawah bakal tersingkir. (Dhk/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat