visitaaponce.com

Whatsapp Kembangkan Fitur Block Screenshot Foto Profil

Whatsapp Kembangkan Fitur Block Screenshot Foto Profil
Logo Whatsapp.(AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

WHATSAPP tengah mengembangkan fitur untuk mencegah atau block screenshot atau tangkapan layar foto profil pengguna. Fitur ini dirancang untuk meningkatkan privasi pengguna dan mengurangi risiko yang terkait dengan pembagian dan distribusi gambar pribadi tanpa seizin pengguna.

Pengguna Whatsapp beta untuk Android saat ini tidak dapat mengambil tangkapan layar foto profil. Begitu juga untuk pengguna iOS. Namun, Whatsapp sekarang sedang dalam proses memperkenalkan fitur ini bahkan pada aplikasi iOS, seperti yang ditemukan dalam pembaruan Whatsapp beta terbaru untuk iOS 24.10.10.70 dari aplikasi TestFlight.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan WA Beta Info, sebuah pesan akan muncul memberitahukan pengguna bahwa pengambilan tangkapan layar foto profil telah diblokir untuk melindungi privasi semua orang di Whatsapp, yang akan dirilis pada pembaruan mendatang.

Baca juga : Tingkatkan Kenyamanan, WhatsApp Tambah Fitur Penyaringan Telepon Spam

Fitur ini akan menawarkan lapisan perlindungan privasi tambahan dengan mencegah pengguna untuk mengambil dan membagikan foto profil tanpa persetujuan pemiliknya.

"Menurut pendapat kami, Whatsapp bertujuan untuk memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas informasi pribadi mereka, mengurangi potensi penyalahgunaan foto profil dengan menerapkan teknologi yang memblokir kemampuan untuk mengambil tangkapan layar di dalam aplikasi," tulis WA Beta Info, dikutip dari laman resmi mereka, Sabtu (11/6).

Meskipun fitur ini tidak akan sepenuhnya menghilangkan risiko pengambilan gambar tanpa izin, ini merupakan langkah signifikan untuk memperkuat privasi. Dengan menghentikan kemampuan untuk mengambil tangkapan layar foto profil, Whatsapp akan mengurangi risiko foto-foto ini disalahgunakan atau didistribusikan tanpa otorisasi yang tepat di masa mendatang.

Meski demikian, fitur untuk memblokir tangkapan layar foto profil sedang dalam pengembangan dan akan tersedia dalam pembaruan aplikasi di masa mendatang. (Z-6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat