visitaaponce.com

PPLI Kembangkan Teknologi Olah Limbah Plastik Jadi BBM

PPLI Kembangkan Teknologi Olah Limbah Plastik Jadi BBM
(MI/HO)

PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) tengah mengembangkan teknologi pengolahan limbah agar tidak hanya sebagai alat pemusnah. Teknologi itu nanti juga dapat mengolahnya kembali menjadi produk yang bisa dimanfaatkan manusia atau dikenal dengan 4R (replace, reduce, reuse, dan recycle). 

Salah satu upaya yang dilakukan, yakni melalui rencana pengembangan teknologi bernama Waste to Fuel bersama Dowa Ecosystem sebagai holding company PPLI dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). "Dengan teknologi ini nanti limbah plastik dapat diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM) yang juga dapat mendukung ekonomi sirkular," papar  Direktur Utama PT Prasadha Pamunah Limbah Industri, Yoshiaki Chida, dalam pernyataannya, Kamis (23/5).

Peran PPLI tidak terbatas pada membantu kalangan industri dalam pengelolaan limbah. Lebih dari itu, PPLI juga sering kali diminta pemerintah untuk membantu mengatasi pencemaran limbah akibat kecelakaan, salah satunya kapal minyak yang karam di laut beberapa waktu lalu. 

Komitmen perusahaan itu dalam rangka melindungi Indonesia dari potensi bahaya lingkungan akibat pencemaran limbah industri. Sebagai pionir pengelola limbah industri terpadu, PPLI telah menjelma menjadi tonggak utama dalam penyediaan layanan pengumpulan, daur ulang, pengolahan, serta pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), dan limbah non-B3.

"Selama lebih dari seperempat abad atau 30 tahun berkiprah di Indonesia, PPLI tidak hanya pada kegiatan bisnisnya semata, tetapi juga melakukan upaya edukasi kepada publik tentang kesadaran dan pencegahan pencemaran lingkungan," ujarnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat