visitaaponce.com

Lucunya, Jelajahi Dunia Menggemaskan di Pameran Cute, London

Lucunya, Jelajahi Dunia Menggemaskan di Pameran Cute, London
Pameran "CUTE" di Somerset House, London, menggali ke dalam daya tarik tak tertahankan dunia yang menggemaskan.(AFP)

DARI kucing dan boneka berbulu hingga emoji, pameran baru di pusat London yang dibuka pada Kamis sedang menjelajahi "gaya yang menggemaskan" yang "tidak bisa ditolak".

Sebelum pintu "CUTE" dibuka di Somerset House, para pengaruh media sosial dengan seragam siswi Jepang, pakaian "Hello Kitty", dan topi Pikachu bermain-main berpose untuk foto, memikat pengikut media sosial mereka.

Pameran ini mencampur seni dengan berbagai klip musik, permainan video, dan meme dari media sosial, menjelajahi budaya yang sebagian besar virtual yang melanda seluruh dunia dengan ledakan internet.

Baca juga: Menelusuri Hidden Gem dan Pengalaman Liburan Khas Warga Lokal di Britania Raya

Salah satu ruangan "CUTE" adalah penghormatan untuk kucing, yang menjadi beberapa konten paling banyak dilihat di internet, dengan membandingkan foto-foto hitam putih abad ke-19 dengan potret-potret anak kucing pelangi yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan.

Lebih jauh, kolase dari malaikat renaisans berambut keriting - bayi "menggemaskan" asli dalam sejarah seni - bersamaan dengan mainan berbulu, manga (komik Jepang), dan tokoh ikonik dari budaya "kawaii" atau yang menggemaskan yang muncul di Jepang pada abad ke-20.

Baca juga: Versi Teater Stranger Things Tayang Perdana di London

Bagi Claire Catterall, kurator pameran, konsep "menggemaskan" sangat luas sehingga sulit baginya untuk mendefinisikannya. "Pameran ini membongkar apa itu kegemaran, jadi itu adalah adegan yang sangat licin," kata dia kepada AFP.

"Menetapkan definisi itu sangat sulit. Ini sangat sulit. Dan dalam banyak hal, itulah kekuatannya. Ini begitu banyak hal sekaligus."

Bisnis menguntungkan

Dalam bagian-bagian yang dibagi oleh lengkungan berbentuk kucing atau pelangi, karya-karya kontemporer berbagi ruang dengan produk-produk komersial seperti mainan Tamagotchi atau figur Sylvanian Family, mengingatkan pengunjung bahwa "kegemaran" adalah bisnis miliaran dolar yang menguntungkan.

Pameran "Cute" disponsori perusahaan Jepang Sanrio, yang memasarkan merchandise karakter kucing tercinta "Hello Kitty," yang diciptakan hampir 50 tahun yang lalu.

Pengunjung berjalan-jalan di bawah lengkungan yang dihiasi dengan gambar karakter tersebut, dinding dilapisi dengan mainan berbulu berwarna-warni, sebelum bergoyang di bawah bola disko "Hello Kitty". "Cuteness dan kapitalisme begitu erat terkait," kata Catterall.

"Ada semacam kualitas yang cukup tidak nyaman tentang itu yang membuat orang merasa sangat tidak nyaman."

Meskipun kegemaran hidup "dalam struktur kapitalis yang melahirkannya," itu juga bisa menjadi apa yang paling mengganggu, tambahnya.

Ini adalah perasaan

Estetika yang menggemaskan dulunya sering diejek atau diadopsi secara ironis, tetapi nilai-nilai dan kode pakaian yang terkait sekarang didukung oleh banyak kaum muda karena memungkinkan "keberadaan di luar norma," terutama bagi perempuan dan komunitas queer, kata Catterall.

"Saya pikir untuk waktu yang lama, kegemaran dianggap anak-anak dan tidak berarti dan tidak serius, tetapi pameran ini akan berharap menunjukkan bahwa ada begitu banyak hal lain yang bisa kita dapatkan darinya," kata kurator itu.

"Sebenarnya ini sesuatu yang harus dianggap serius, dan dapat memberi tahu kita begitu banyak tentang diri kita dan dunia di sekitarnya."

"CUTE" juga menyentuh dimensi yang lebih politis dari "kegemaran," dalam bagian yang menampilkan topeng penutup wajah merah jambu dari grup punk rock feminis Rusia, Pussy Riot, yang dikenal karena protes provokatif mereka terhadap Presiden Vladimir Putin.

Saat pameran dan museum interaktif berkembang di seluruh dunia, "CUTE," terbuka untuk umum hingga 4 April, juga menekankan interaktivitas.

Pengunjung dapat menikmati permainan video Jepang klasik di ruang arkade atau bersantai di "pesta piyama" di kamar tidur remaja yang luas dengan kursi bean bag dan musik pop, yang dibuat oleh seniman Inggris Hannah Diamond.

"Ini sangat bersifat riang, sangat memacu, sangat memberdayakan," kata Catterall.

"Kami ingin menciptakan ruang di mana orang bisa masuk, menari, merasa sangat bahagia, menutupi diri mereka dengan kilauan kebaikan Hello Kitty."

Menurutnya, kegemaran bukan hanya "estetika". "Ini adalah perasaan." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat