visitaaponce.com

5 Jenis Pastry Paling Populer Ini Punya Rasa Menggugah Selera

5 Jenis Pastry Paling Populer Ini Punya Rasa Menggugah Selera
Pastry paling menggugah selera(MI/Eve Candela F)

PASTRY merupakan istilah yang sering muncul dalam dunia kuliner. Sebagian orang biasanya menganggapnya sebagai sejenis kue, sementara sebagian lainnya menganggapnya sebagai sejenis roti berlapis. 

Sekarang mari kita mengenal jenis-jenis pastry yang ada. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Pastry sendiri biasa dikenal sebagai hidangan penutup. Dibandingkan roti biasa, adonan dasar pastry mengandung lebih banyak minyak atau butter. Hasilnya, pastry biasanya akan terasa lebih gurih dan buttery.

Baca juga : Mengenal Butter Blend, Alternatif Pengganti Butter yang Lebih Terjangkau

Ada banyak jenis pastry di  dunia, masing-masing memiliki rasa dan tekstur yang unik. Di bawah ini adalah 5 jenis pastry yang menggugah selera: 

1. Pain au Chocolat

Pain au chocolat, juga dikenal sebagai croissant coklat, adalah pastry yang berasal dari Perancis. Kue ini memiliki potongan cokelat di dalam puff pastrynya.

Saat dipanggang, adonan puff pastry menjadi renyah dan cokelat di dalamnya meleleh sehingga menciptakan kombinasi sempurna antara rasa manis dan gurih. Biasa dimakan sebagai sarapan atau camilan di Perancis, pain au chocolat sangat populer di seluruh dunia.

Baca juga : Michelle dan Olivia Rintis Usaha dari Nol Hingga Bangun Central Kitchen

2. Almond Croissant Praline

Almond Croissant Praline adalah variasi croissant tradisional yang diisi dengan almond dan praline. Croissant ini memiliki lapisan kulit yang renyah dan lembut di dalamnya terdapat isian almond yang memberikan rasa kaya dan tekstur yang lembut. 

Praline, yang terbuat dari kacang almond yang diolah dengan gula caramel, memberikan sentuhan manis dan renyah pada croissant ini. Croissant almond praline sering disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan di berbagai kafe dan toko roti.

3. Salted Egg Cronut

Cronut adalah inovasi pastry yang dibuat dengan menggabungkan croissant dan donat. Salah satu yang populer saat ini adalah salted egg cronut. 

Baca juga : Renyahnya Cromboloni Menggugah Selera

Cronut ini memiliki lapisan kulit yang renyah dan lembut. Salted egg cronut menjadi populer karena kombinasi unik antara rasa gurih dan manis yang dihasilkan oleh isian salted egg. 

4. Lobster Tail Pistachio Chocolate

Lobster tail pistachio chocolate adalah pastry yang terbuat dari adonan puff pastry yang dilapisi dengan campuran pistachio dan cokelat. Pastri ini memiliki bentuk yang menyerupai ekor lobster, dan lapisan kulit belakang yang renyah. Isian pistachio dan cokelat memberikan rasa kaya dan tekstur yang lembut pada pastry ini. 

5. Matcha Brioche an Craquelin

Matcha brioche an craquelin adalah pastry yang terbuat dari adonan brioche yang diberi tambahan bubuk matcha. Brioche ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang khas dari matcha. Craquelin, yang terbuat dari gula dan mentega, memberikan lapisan renyah di atas brioche. 

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Cromboloni, Makanan Italia yang Sedang Viral

Itulah lima macam pastri yang menggugah selera. Setiap jenis pastry memiliki cita rasa dan tekstur yang unik, dan dapat dinikmati sebagai hidangan penutup atau camilan. Jika Anda pecinta makanan manis, pastri-pastri ini patut dicoba untuk memanjakan lidah Anda. 

Berbicara soal pastry, kelima pastry tersebut juga merupakan hidangan baru yang disajikan oleh Kenangan Brands, yaitu Kenangan Boulangerie.

"Kenangan Boulangerie adalah hidangan baru sekaligus bukti dari keseriusan Kenangan Brands dalam industri F&B di Indonesia. Kami terus berusaha untuk mengakomodasi keinginan konsumen akan inovasi-inovasi menu yang unik,” kata Edward Tirtanata, Group CEO of Kenangan Brands dalam acara peluncuran Kenangan Boulangerie pada Rabu, (5/6) di Jakarta.

“Kami juga melibatkan chef Thomas Meneau, chef asal Prancis, untuk mengawasi sekaligus mengembangkan produk-produk terbaik bersama dengan tim Research and Development Kenangan Brands," pungkasnya.

Sekadar informasi, Thomas Meneau adalah seorang Chef berketurunan Prancis yang sudah menekuni bidang bakery selama hampir 10 tahun. Ia mengawali karirnya di Prancis, kemudian Asia Pasifik (Hongkong & Tiongkok), sampai di Asia Tenggara (Filipina, Singapura dan Indonesia). (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat