visitaaponce.com

Resep dan Cara Membuat Cromboloni, Makanan Italia yang Sedang Viral

Resep dan Cara Membuat Cromboloni, Makanan Italia yang Sedang Viral
Resep dan cara mem buat Cromboloni(Instagram)

SIAPA yang tak suka dengan makanan manis, belakangan ini cromboloni viral menjadi hangat di perbincangkan dalam dunia kuliner. Cromboloni merupakan camilan yang berasal dari Italia.

Cromboloni dalam bahasa Italia disebut "krapfen" atau "bomboloni," memiliki asal-usul yang terkait erat dengan tradisi kuliner Italia. Nama-nama ini merujuk pada jenis donat atau bola adonan goreng yang populer di berbagai wilayah di Italia, terutama di Venesia. Pada dasarnya cromboloni adalah kreasi pastry yang menggabungkan anatara cita rasa croissant dan donat bomboloni

Asal mula cromboloni dapat ditelusuri ke kebiasaan memasak kue-kue goreng yang sudah ada sejak zaman dahulu di Italia. Praktik membuat adonan yang diisi dan digoreng ini menjadi bagian dari warisan kuliner Italia.

Baca juga: Resep Membuat Es Kacang Merah yang Enak dan Praktis

Cromboloni biasanya terbuat dari adonan yang mengandung tepung terigu, ragi, telur, susu, dan gula. Adonan ini kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil atau donat dan digoreng hingga kecoklatan. Setelah digoreng, cromboloni sering disajikan dengan taburan gula halus atau gula bubuk.

Camilan ini menjadi populer dan dihargai dalam budaya kuliner Italia, dan variasi dari cromboloni dapat ditemukan di berbagai daerah di negara tersebut. Masing-masing wilayah mungkin memiliki cara sendiri dalam mempersiapkan dan menyajikan cromboloni. Meskipun begitu, cromboloni umumnya dikenal karena kelembutan dan rasa manisnya yang lezat.

Baca juga: Kreasi 5 Resep Sei Sapi Rumahan Paling Enak Tanpa Ribet

Camilan ini umumnya berbentuk bola atau donat kecil yang digoreng hingga kecoklatan dan disajikan dengan taburan gula bubuk. Rasa cromboloni umumnya manis dan gurih pada saat yang bersamaan. 

Adonan cromboloni biasanya terbuat dari campuran tepung terigu, ragi, susu, telur, dan gula. Setelah digoreng, cromboloni menjadi renyah di luar dan lembut di dalam. Rasa khasnya yang manis dan gurih membuatnya menjadi camilan yang populer di berbagai tempat, baik sebagai makanan ringan di kafe Italia maupun hidangan penutup.

Berikut beberapa gerai yang menjual cromboloni:

1. Monsieur Spoon

Gerai dengan penggemar cromboloni yang sering diburu. Monsieur Spoon bahkan menggunakan sistem anrean berjumlah dua kali. Gerai tersebut menjual cromboloni dengan harga sekitar Rp. 40,000 dengan berbagai varian seperti, chocolate supreme, stroberi, dan pistachio.

2. Harvest

Salah satu toko ternama dan sering dikunjungi banyak orang ini juga menjual cromboloni dengan harga mulai Rp. 25,000 dengan varian rasa dark chocolate, vanilla, dan peanut butter.

3. Bakerzin

Gerai ini juga menjual cromboloni namun dengan sajian berjenis koiugn amann. Memiliki varian rasa espresso ukuran besar di mana bisa dimakan sampai dua orang. 

4. Beau Bakery

Beau Bakery juga punya varian cromboloni dengan nama Pistachio Bomb, salah satu yang diburu oleh penikmat camilan. Selain berisikan cream pistachio, cromboloni ini dicelupkan ke dalam cream pistachio dan taburan pistachio panggang.

Terkadang sulit menemukan camilan tersebut, ntah itu kehabisan atau memang tidak menjualnya, daripada pusing berpindah tempat untuk membelinya dapat juga membuatnya sendiri yang jauh lebih banyak di dapatkannya.

Berikut resep membuat cromboloni:

Bahan:

1. Siapkan kulit danish pastry kemasan
2. Siapkan selai sesuai keinginan bisa coklat/matcha/pistachio
3. mentega secukupnya
4. kacang pistachio cincang, sesuai selera

Cara Membuat:

1. Ambillah selembar danish pastry taruh di atas talenan di mana sebelumnya sudah ditaburkan dengan tepung agar tidak lengket.
2. Olesi puff pastry dengan mentega secara tipis, setelah merata gulung adonan hingga berbentuk roll besar.
3. Gunakanlah cetakan dengan bentuk bundar sesuai diameter yang diinginkan untuk menaruh gulungan adonan tersebut.
4. Sisakan ruang agar adonan dapat mengembang dan tidak pecah saat proses pemanggangan terjadi.
5. Taruh loyang berisikan adonan yang sudah berada di cetakan ke dalam oven, serta berilah tumpukan loyang dan beri pemberat di atas adonan agar tidak mengembang ke atas.
5. Gunakan suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 15 - 20 menit.
7. Setelah itu, keluarkan loyang beserta adonan dari dalam oven diamkan beberapa saat.

Pemberian isi:

1. Siapkan platik segitiga dan isi selai sesuai keiinginan, lalu gunting pada ujung segitiga pada plastik.
2. Di setiap puff yang sudah matang, masukkan selai di bagian sela-sela atau tusuk di beberapa bagian dengan selai secukupnya.
3. Agar mempercantik camilan tambahkan topping seperti coklat, pistachio, macha, kacang-kacangan dan lainnya.

Berikut adalah 5 fakta menarik tentang cromboloni 

1. Hidangan fusion 

Cromboloni merupakan sajian kue yang menggabungkan dua unsur dari croissant dan bomboloni. Kue ini mempersembahkan tekstur croissant yang renyah dan beraroma mentega. Yang membuatnya unik adalah cromboloni mengusung bentuk bulat secara visual dan diisi dengan krim, sangat mirip dengan donat bomboloni.

2. Croissant Berbentuk Bulat

Daya tarik utama dari cromboloni terletak pada penampilannya yang istimewa. Cromboloni mempertahankan karakteristik visual yang kering dan renyah seperti croissant, namun berbeda dalam bentuknya dari croissant biasa.

Cromboloni memiliki bentuk croissant yang bulat, membentuknya dengan cara yang mirip dengan bomboloni.

3. Variasi Rasa

Selain penampilannya yang menarik, cromboloni juga menawarkan beragam varian rasa yang patut dicoba. Saat ini, cromboloni telah hadir dalam tiga varian rasa yang berbeda, memberikan opsi variasi yang menarik.
Pilihan rasanya meliputi cokelat, stroberi, dan pistachio. Banyak orang merasa penasaran dengan rasa pistachio atau yang lebih dikenal dengan rasa kacang. Namun, favorit yang paling populer tetaplah cromboloni dengan rasa cokelat.

4. Pastry dan Roti

Sebagai hidangan fusion, banyak orang sering bingung menamai cromboloni dengan sebutan apa. Sebab, hidangan ini merupakan perpaduan dari pastry croissant dan roti bakery bomboloni. Tidak ada yang keliru dalam menyebutnya sebagai pastry atau bakery. Cromboloni dapat dianggap sebagai kue pastry sekaligus roti bakery.

5. Viral di TikTok

Keberhasilan cromboloni sebagai hidangan viral dapat ditelusuri dari kepopulerannya di TikTok. Pengguna TikTok dengan nama akun mariavehera257 sering membagikan video menikmati pastry roll croissant yang mengundang selera. Sebuah kafe di Indonesia kemudian mengambil inisiatif untuk menjual hidangan tersebut dengan nama cromboloni. Akibatnya, masyarakat Indonesia mulai tertarik untuk mencicipi cromboloni dan membuat video reaksi.

Dengan demikian, nama cromboloni semakin menjadi sorotan di media sosial Indonesia. Inilah beberapa fakta menarik tentang cromboloni, sebuah hidangan pastry dan roti yang tengah viral di TikTok Indonesia. Selamat mencoba resep dan rasakan sensasi menikmati cromboloni di rumah masing-masing.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat