visitaaponce.com

Ilmuwan Kumpulkan Batu Asteroid untuk Teliti Asal-Usul Tata Surya

Ilmuwan Kumpulkan Batu Asteroid untuk Teliti Asal-Usul Tata Surya
Grafis Misi Osiris Rex, NASA(AFP / JONATHAN JACOBSEN)

WAHANA eksplorasi luar angkasa Osiris-Rex, pekan lalu berhasil menyelesaikan misi pendaratannya di Asteroid Bennu yang berjarak  sekitar 320 juta kilometer dari bumi. Pendaratan tersebut bertujuan  mengumpulkan sampel material batu dari asteroid tersebut untuk kemudian dibawa ke Bumi.

Dikutip dari bbc.com, Minggu (25/10), sebuah kendala teknis sempat terjadi pada misi tersebut lantaran pintu kotak penyimpanan dalam wahana tersebut tak bisa tertutup secara sempurna, sehingga menyebabkan sebagian bebatuan asteroid yang dikumpulkan kembali bertebaran ke luar angkasa.

Laporan resmi NASA mengungkapkan, kebocoran tersebut karena sebuah batu  mengganjal pintu wadah penyimpanan sehingga menyebabkan pintu tidak dapat ditutup sempurna.

Kepala misi eksplorasi Osiris-Rex, Dante Lauretta mengungkapkan wahana Osiris-Rex berhasil mengumpulkan sekitar 400g (14oz) fragmen bebatuan, dan timnya sedang berusaha mencari cara untuk mengatasi kebocoran yang terjadi dengan aman.

"Sebagian dari material yang kami dikumpulkan terlihat berhambur keluar," ungkap Lauretta menjelaskan citra gambar mengenai kondisi terakhir yang mereka peroleh dari Osiris-Rex.

"Kekhawatiran terbesar saya sekarang adalah bahwa partikel-partikel itu terlepas dari wadah penyimpanan," imbuhnya.

Untuk mengurangi risiko, penyimpanan sampel tersebut kini telah dipindahkan ke dalam pesawat ruang angkasa.

"Waktu adalah yang terpenting," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi sains NASA.

"Meskipun kami mungkin harus bergerak lebih cepat untuk memindahkan penyimpanan sampel tersebut," pungkas Zurbuchen.

Para ilmuwan berharap misi tersebut akan mampu menjelaskan mengenai muasal Tata Surya yang diperkirakan telah ada sejak 4,5 miliar tahun yang lalu, setelah sampel yang dibawa oleh wahana luar angkasa ini sampai ke bumi dan dapat diteliti pada tahun 2023. (M-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat