visitaaponce.com

Jangan Bersihkan Hal-hal Ini Dengan Sabun Cuci Piring

Jangan Bersihkan Hal-hal Ini Dengan Sabun Cuci Piring
Ada hal-hal yang sebaiknya tidak dibersihkan dengan sabun cuci piring.(123RF/duskbabe)

Sabun cuci piring masih kerap dijadikan andalan orang untuk bisa membersihkan noda, minyak, dan kotoran, tidak hanya sebatas pada perangkat makan, tapi juga barang-barang lain. Dengan ragam merek, sabun cuci piring mampu membersihkan bumbu-bumbu, minyak, dan kotoran dengan mudah.

Sebenarnya sabun cuci piring tidak dimaksudkan untuk membersihkan semuanya dan menggunakannya pada salah satu hal ini akan memiliki konsekuensi yang mengerikan. Melansir dari situs onegoodthingbyjillee.com, situs homemaking dan gaya hidup, menguraikan beberapa hal yang jangan pernah dibersihkan menggunakan sabun cuci piring.

 1. Kulit
Kulit Anda akan kehilangan minyak alaminya saat dicuci menggunakan sabun cuci piring.  Sabun cuci piring menghilangkan emolien alami pada kulit. Sabun pencuci piring mengandung bahan kimia yang tentunya dapat membuat kulit kering. Hal ini dikarenakan sabun cuci piring dibuat khusus untuk membersihkan lemak pada peralatan makan, bukan menghilangkan kuman pada kulit.

 2. Lantai Kayu
Lantai kayu di rumah Anda dimaksudkan agar tahan lama, tetapi pembersihan yang tidak tepat dapat membuatnya tergores dan kotor.  Tentu saja, penggunaan sabun cuci piring tidak tepat untuk ini. Untuk membersihkannya dengan cara yang benar, mulailah dengan menyapu atau menyedot debu untuk menghilangkan pasir dan pasir, kemudian mengepelnya dengan pembersih lembut yang dibuat khusus untuk lantai kayu. 

3. Sutra
Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah Anda benar-benar perlu membeli deterjen khusus untuk membersihkan kain halus seperti sutra?  Tentu saja perlu agar kain sutra tidak rusak. Karena sutra berbahan dasar protein, sangat penting untuk menghindari penggunaan deterjen yang keras atau kuat saat membersihkannya, dan sabun cuci piring adalah deterjen yang kuat.  

3. Mesin cuci pakaian/piring
Hal yang sama berlaku untuk mesin cuci Anda, jangan masukkan sabun cuci piring ke dalamnya. Tidak apa-apa menggunakan sedikit untuk membersihkan noda pakaian, tetapi jika Anda memasukkan langsung ke mesin cuci piring dalam jumlah yang banyak, maka sabun cuci piring menghasilkan lebih banyak busa daripada yang dapat ditangani oleh mesin cuci Anda.  

4. Mesin kopi
Meskipun mungkin tergoda untuk membersihkan mesin kopi dengan sabun cuci piring anti lemak untuk menghilangkan sisa minyak yang tertinggal di kopi, sebaiknya Anda menghindarinya.  Ini berlaku dua kali lipat untuk tangki air mesin Anda, memasukkan sabun ke dalamnya hanya akan menciptakan kekacauan berbuih dan mungkin terbukti tidak mungkin untuk membilasnya hingga benar-benar bersih.

Sebagai gantinya, bilas mesin kopi Anda dengan baik setelah setiap kali digunakan, dan ketika teko atau tangki kopi Anda memang membutuhkan pembersihan yang lebih menyeluruh, gunakan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama untuk menghilangkan noda air keras atau endapan mineral.  Pastikan untuk membilas semuanya dengan benar-benar bersih sesudahnya juga.  Anda juga dapat menggunakan pembersih kerak yang diformulasikan untuk membersihkan peralatan kopi.

5. Mobil
Cat mobil tidak bisa dibersihkan menggunakan sabun cuci piring karena dapat merusak lapisan secara permanen. Sabun cuci piring dapat dengan mudah menghilangkan lapisan pelindung di atas cat dan membuatnya rentan terhadap pemudaran dan oksidasi.  Agar cat mobil Anda tidak terlihat kusam dan berkapur, gunakan larutan pembersih yang dibuat untuk mencuci mobil. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat