visitaaponce.com

Tips Hindari Low Battery Usai Berolahraga

Tips Hindari Low Battery Usai Berolahraga
Ilustrasi(MI/HO)

OLAHRAGA, meski dipercaya bisa membuat tubuh menjadi bugar, tetapi bisa juga membuat kita bisa mengalami penurunan energi atau kita sebut dengan istilah low battery. 

Umumnya, kondisi low battery dirasakan usai berolahraga. Penyebabnya karena intensitas olahraga yang terlalu berlebih dan tidak seimbang, sehingga terjadi peningkatan kadar asam laktat yang membuat tubuh terasa lelah bahkan muncul nyeri. 

Meski low battery dapat pulih dengan sendirinya, rasa yang ditimbulkan dapat membuat Anda kurang nyaman melanjutkan rutinitas harian.

Baca juga : Ini Cara Aktor Surya Saputra Menerapkan Pola Hidup Sehat

Berikut 3 tips untuk mempercepat pemulihan saat tubuh Anda low battery

1. Tidur berkualitas

Ketika tidur, tubuh akan menghasilkan growth hormone yang berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Tidur berkualitas juga dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali energi Anda.

2. Penuhi asupan nutrisi

Baca juga : Ini Tips Aman Berolahraga di Bulan Ramadan

Aktivitas olahraga yang berlebih menyebabkan energi Anda terkuras total. Jadi, penting buat Anda mengisi nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan protein dan karbohidrat kompleks. Idealnya, Anda bisa makan dengan jarak 1 jam setelah olahraga.

3. Isi cairan tubuh 

Low battery juga sering kali terjadi karena tubuh dehidrasi. Ketika menjalani aktivitas berat, tubuh Anda jadi lebih banyak mengeluarkan keringat. Minum yang cukup, bisa bantu cegah risiko tersebut dan dukung fungsi organ secara lebih optimal.

Baca juga : 7 Tips Liburan Sehat di Musim Hujan 

Nah, selain isi cairan untuk cegah dehidrasi, Anda juga bisa mengonsumsi minuman sehat yang mengandung antioksidan dan antiinflamasi, seperti curcumin. 

Curcumin punya potensi bantu kembalikan kesegaran tubuh, jaga imunitas, percepat pemulihan otot dan tingkatkan semangat harian. 

Jika ingin praktis, pilih produk siap minum dengan kandungan curcumin dan vitamin C. Pastikan produk curcumin yang dipilih rendah kalori dan tanpa pewarna serta pengawet. Tidak perlu takut olahraga lagi kan? 

Reno Renaldi, atlet karate kata beregu menyebutkan rutin mengonsumsi minuman tinggi antioksidan juga membantu jaga imun dan meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan antiinflamasi tentu diperlukan untuk membantu pemulihan otot dan mengurangi peradangan selama latihan fisik. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat