visitaaponce.com

Mengatasi Kelelahan Pascaliburan Tantangan dan Solusi

Mengatasi Kelelahan Pascaliburan: Tantangan dan Solusi
Ilustrasi - Kembali bekerja setelah liburan bisa menjadi pengalaman yang mengejutkan, terutama bagi mereka yang mengalami burnout(Freepik)

KEMBALI bekerja usai liburan yang membuat anda santai tentunya bisa mengejutkan. Tetapi bagi mereka yang mengalami kelelahan atau burnout tentunya akan lebih sulit. 

Meskipun liburan mungkin tampak seperti solusi yang jelas untuk merasa kewalahan oleh pekerjaan, waktu luang dapat mengungkapkan betapa habisnya Anda, kata Jeanette M Bennett, seorang profesor di Universitas Carolina Utara di Charlotte yang mempelajari efek stres terhadap kesehatan.

Kelelahan berasal dari merasa seperti Anda tidak memiliki kendali atas pekerjaan Anda. Orang-orang bisa merasa takut dengan pekerjaan mereka, mengalami perasaan "Saya kewalahan, saya lelah, Sunday Scaries", kata Dr Thea Gallagher, seorang psikolog klinis dan profesor di NYU Langone Health.

Baca juga : Warga Diingatkan tidak Boleh Mengemudi Kendaraan Selama Lebih dari 8 Jam

Kelelahan merembes ke dalam kehidupan Anda yang lain. Orang-orang biasanya merasa tidak memiliki energi untuk melakukan apa pun kecuali melalui hari. 

Tanggung jawab keluarga, teman, dan hobi bisa terabaikan orang memiliki waktu untuk aktivitas tersebut di luar pekerjaan, mereka mungkin terlalu lelah, atau merasa apatis tentang mereka, kata Angela Neal-Barnett, seorang profesor psikologi di Universitas Kent State dan penulis Soothe Your Nerves: The Black Woman’s Guide To Understanding And Overcoming Anxiety, Panic And Fear.

Mengambil waktu libur dapat meredakan kelelahan dalam beberapa kasus. Namun ketika orang-orang sangat stres, liburan lebih seperti plester. Mereka mungkin merasa lebih baik ketika mereka pergi, tetapi segera setelah saatnya kembali, mereka menjadi cemas lagi.

Baca juga : Libur Telah Tiba, Yuk Bikin Rencana Mau ke Mana

Untuk menentukan apakah Anda terbakar, Dr Bennett merekomendasikan untuk menanyakan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri setelah kembali bekerja: Apakah Anda bisa tidur nyenyak selama waktu libur, tetapi sekarang Anda terbangun? Apakah detak jantung Anda meningkat ketika Anda berkendara menuju tempat kerja atau masuk ke Slack? Apakah jadwal Anda tidak menyisakan ruang untuk menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai atau untuk bersantai?

Meringankan Transisi

Salah satu alasan kelelahan bisa begitu terasa bahkan setelah liburan. Pasalnya mereka cenderung bekerja lebih keras beberapa hari sebelum mereka libur, kata Dr Gallagher. Bisa jadi sangat melelahkan untuk beralih dari pekerjaan yang intens, ke liburan, dan kemudian langsung kembali ke pekerjaan.

Dr Gallagher menyarankan anda memberikan jeda satu hari sebelum bekerja. Satu hari itu bisa anda gunakan untuk membongkar barang anda, belanja kebutuhan, dan beradaptasi dari kehidupan di rumah. 

Baca juga : Libur ke Yogyakarta, Jajal Foto Estetik di Kencana Photo

Selain itu, waktu itu bisa digunakan untuk merancang pikiran anda terkait target yang realistis untuk dicapai. 

Setelah Anda kembali bekerja, perhatikan bagaimana stres mempengaruhi tubuh Anda, kata Dr Bennett. Dia menyarankan mencatat setiap hari tentang bagaimana perasaan Anda, dan apa yang tampaknya menyebabkannya.

Jika Anda selalu sakit kepala setelah berbicara dengan rekan kerja tertentu, atau jika Anda merasa sangat cemas sebelum pertemuan yang berulang, buat rencana untuk menenangkan diri. Mungkin itu mengambil satu menit untuk latihan pernapasan sebelum pertemuan, atau berjalan cepat setelah percakapan.

Baca juga : 7 Rekomendasi Wisata Air di Jakarta, Jadi Destinasi Favorit untuk Liburan

Rekan kerja Anda juga bisa menjadi sumber daya, kata Christina Maslach, seorang profesor psikologi di Universitas California, Berkeley yang mempelajari kelelahan. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka mengelola beban kerja, atau mengatasi bos yang sulit. 

Anda bisa bekerja sama untuk mengidentifikasi apa yang disebut Dr Maslach sebagai "batu kecil di sepatu" dan mencari cara untuk mengatasinya. Mungkin Anda bisa mendelegasikan tugas yang Anda benci kepada rekan kerja yang tidak keberatan melakukannya; mungkin Anda bisa mengubah pertemuan menjadi email.

Jika Anda terus-menerus berjuang untuk mengikuti pekerjaan, jawabannya mungkin pada akhirnya adalah mencari pekerjaan baru - yang Dr Bennett akui lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Sementara itu, dia menyarankan untuk melihat kembali dan menilai apakah beban kerja Anda berkelanjutan dan realistis. Jika tidak, katanya, mungkin sudah saatnya untuk berbicara secara transparan dengan manajer Anda tentang apa yang perlu diubah.

Dan ingat bahwa kelelahan bukanlah kelemahan, kata Dr Maslach.

"Anda bisa melakukan pekerjaan dengan baik - seorang pelari bisa melakukan maraton dengan luar biasa," katanya. "Tetapi Anda harus pulih sebelum melanjutkan ke yang berikutnya." (CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat