visitaaponce.com

McDonalds Inggris Berencana Tidak Lagi Gunakan Peralatan dan Furnitur Plastik

McDonald's Inggris Berencana Tidak Lagi Gunakan Peralatan dan Furnitur Plastik
Produk-produk McDonald's(Dok.mcdonalds.com)

McDonald’s berencana untuk tak lagi menggunakan peralatan dan furnitur berbahan plastik untuk gerainya. Namun, rencana tersebut baru akan direalisasikan pada gerai-gerai McDonald di Inggris.

Rencana McDonald’s tersebut menandakan kesadaran dampak buruk plastik bagi lingkungan kini telah banyak merambah ke industri Food & Beverage (F&B) yang lebih luas, setidaknya di Inggris. Sebelum McDonald’s, telah banyak restoran lain dalam skala kecil yang telah melakukan hal serupa.

Pihak McDonald’s Inggris menyatakan mereka akan segera menghilangkan bahan plastik di gerainya secara bertahap. Sebagai awalan perubahan akan dilakukan pada peralatan makan seperti sendok, garpu, dan wadah. Hal itu akan dilakukan pada sekitar 1.300 gerai McDonald’s seluruh Inggris.

Untuk furnitur, McDonald’s menargetkan akan bisa melakukan penggantian furnitur plastik menjadi berbahan daur ulang plastik bersertifikat ramah lingkungan di tahun 2023 mendatang. Dengan langkah-langkah tersebut, McDonald’s berharap dapat berkontribusi signifikan pada upaya penyelamatan lingkungan.

Dilansir dari Tasting Table pada Rabu (10/11), pergeseran dari plastik ke bahan kertas ini akan menghapus lebih dari 850 metrik ton atau 1,88 juta pon limbah plastik dari rantai pasokan restoran McDonald's. Mereka menyebutkan, penggunaan plastik yang dihasilkan dari restoran seperti McDonald's merupakan faktor penyumbang utama metrik ton plastik yang masuk ke lingkungan setiap tahun, mencapai sekitar 20 juta metrik ton.

Sementara itu, menurut Science.org pada 2015, dari seluruh jumlah plastik yang diproduksi di dunia, hanya sekitar 9% yang benar-benar telah didaur ulang. Dengan adanya pemanfaatan hasil daur ulang plastik, proses daur ulang plastik juga akan meningkat dan diharapkan akan membantu memulihkan lingkungan.

(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat