visitaaponce.com

Qualcomm akan Lengkapi Android dengan Jaringan Satelit

Qualcomm akan Lengkapi Android dengan Jaringan Satelit
Ilustrasi satelit(Dok. European Space Agency)

Perusahaan teknologi Qualcomm baru saja menjalin kerja sama dengan perusahaan satelit Iridium. Lewat kerja sama tersebut dikabarkan Qualcomm akan menyertakan teknologi penangkap jaringan satelit pada cip Android terbaru mereka. Dengan begitu ponsel berbasis Android akan bisa menikmati jaringan komunikasi lewat satelit yang sangat cepat.

Dilansir dari bbc.com, Selasa, (10/1), jaringan satelit saat ini belum banyak ditemui di ponsel yang digunakan publik secara umum. Teknologi satelit umumnya digunakan oleh beberapa kelompok saja seperti militer. Hal itu salah satunya karena teknologi penangkap jaringan satelit yang relatif mahal.

Saat ini jaringan satelit pada ponsel baru tersedia di iPhone 14 yang diluncurkan pada September 2022 lalu. Meski begitu, satelit di iPhone 14 baru dapat digunakan untuk menerima dan mengirimkan pesan di fitur gawat darurat yang mereka miliki.

Pihak Qualcomm mengatakan cip android dengan teknologi satelit mereka akan diberi nama Snapdragon Satellite. Namun, di awal pengembangan teknologi tersebut hanya akan dihadirkan pada beberapa tipe Android kelas premium.

Setelah diluncurkan secara terbatas, nantinya teknologi satelit juga akan dihadirkan di tipe Android yang lebih beragam. Setidaknya untuk fitur kegawatdaruratan seperti yang terdapat di iPhone 14.

(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat