visitaaponce.com

Punya Toko Daring Ini Tips agar Penjualan Meningkat Jelang Ramadan

Punya Toko Daring? Ini Tips agar Penjualan Meningkat Jelang Ramadan
Acara Tokopedia Marketing Solutions.(Dok. MI/Nike)

Ramadan menjadi momen spesial bagi umat Muslim di dunia, termasuk Indonesia. Momen Ramadan tak jarang juga dimanfaatkan untuk menunjukkan perhatian pada orang terkasih, salah satunya dengan memberikan hadiah.

Menurut data riset dari The Trade Desk tahun 2023 dan E-conomy SEA Google, Temasek, Bain & Company 2023, diketahui setidaknya 9 dari 10 orang Indonesia berencana berbelanja saat Ramadan 2023. Sekitar 80%-nya merupakan konsumen digital yang akan tetap memilih berbelanja secara daring.

Karena itu, momentum menjelang dan saat Ramadan harus dimanfaatkan oleh para pemilik toko daring untuk meningkatkan penjualannya. Bagi Anda pemilik toko daring, berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan di e-commerce menurut Vice President of Tokopedia Marketing Solutions, Edwin Chayadi, saat mengisi acara Tokopedia Marketing Solutions, di Bale Nusa, Jakarta, Kamis, (23/2).

1. Perhatikan Momentum

Edwin mengatakan, kegiatan belanja mulai ramai sejak sebulan sebelum Idul Fitri dan mencapai puncak pada saat tunjangan hari raya mulai didapatkan karyawan. Selain itu, pada hari gajian, setelah Idul Fitri juga menjadi momen penting.

Menurutnya, pelaku bisnis perlu memanfaatkan momentum ini dengan hadir di seluruh consumer touch points atau segala bentuk interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli untuk memaksimalkan penjualan.

2. Kategori Barang

Kata kunci barang yang kerap dicari oleh pembeli di masa pra hingga saat Ramadan ialah peralatan masak, pakaian muslim, logam mulia, perhiasan, makanan dan minuman. Selain itu, berbagai pilihan paket hadian Idul Fitri atau parsel juga banyak dicari.

Karena itu, pedagang harus pintar-pintar memilah produk yang akan dijual dan promosinya digencarkan. Dengan begitu, peningkatan transaksi diharapkan akan terjadi.

3. Pembayaran dan Fitur Gratis Ongkir

Cashless menjadi metode pembayaran paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadhan di tahun 2022. Menurut data Tokopedia tahun 2022, fitur bebas ongkir juga menjadi salah satu fitur yang paling disukai pengguna. Terkait pengiriman, pengiriman instan dan same day juga penting menjadi opsi pengiriman dari penjual.

"Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit, dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir," kata Edwin.

4. Promosi

Masyarakat menyukai promosi dalam bentuk hiburan. Contohnya, pada Tokopedia menyediakan Tap Tap Kotak atau permainan interaktif berhadiah dan Tokopedia Play. Pemilik toko daring bisa memanfaatkan fitur-fitur promosi yang tersedia di platform yang mereka gunakan untuk berdagang. (M-4)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat