visitaaponce.com

Agnes Padukan Kerajinan Gorontalo dan Lukisan Tangan di Koleksi Lebaran

Agnes Padukan Kerajinan Gorontalo dan Lukisan Tangan di Koleksi Lebaran
Agnes Budhisurya(MI/Adam Dwi)

PERANCANG busana Agnes Budhisurya (78) meluncurkan koleksi busana menyambut Lebaran. Wanita yang sudah berkecimpung di ranah fesyen selama 60 tahun ini membuat koleksi terbatunya dengan memadu padankan ragam elemen di beberapa jenis kain. Padu padan ini terinspirasi dari gaun Hanfu, pakaian tradisional Tiongkok kuno.  

"Saya memilih bahan-bahan lentur yang nyaman dikenakan untuk hari istimewa. Potongan gaun longgar yang fleksibel memberikan tampilan menarik. Supaya setiap perempuan tampil percaya diri, mereka istimewa," ujar Agnes usai peragaan busana The Colorful of Ramadan, Hadiprana Fashion Festival 2023 di Kemang, Selasa (23/3).

Seperti kekhasannya, di koleksi ini, Agnes juga menyapukan kuasan cat secara bebas. Lukisannya tidak hanya dituangkan pada kain sutera yang mampu menyerap warna dengan baik tetapi juga di bahan batik atau tenun Indonesia.

Agnes juga memperkaya koleksi kali ini dengan kerajinan daerah Gorontalo. Menurutnya, kerajinan tersebut kurang dikenal masyarakat umum, salah satu yang dipakainnya yakni sulam khas Gorontalo lalu dipadukan dengan lukisan tangannya.

Koleksi ready to wear dengan potongan-potongan lebar kali ini disebut Agnes sebagai bentuk pernyataan jika keindahan perempuan bukan karena gaun yang memeluk tubuh, tetapi lilitan kain longgar dan sampiran selendang menjuntai jauh lebih memesona, menampilkan keanggunan seorang perempuan.

Baca juga: Pesan Perdamaian di Koleksi Lebaran

Untuk diketahui, Agnes terjun ke dunia fesyen saat merancang dan membuat gaun untuk penampilan teman-temannya di acara sekolah sewaktu SMA. Duplikasi dan persaingan industri fesyen membuat Agnes kemudian memutuskan memberikan sentuhan personal dengan lukisan tangan. Sapuan bebas kuas dan cat sampai saat ini menjadi ciri khas karyanya. 

“Buat saya merancang adalah mencari solusi, karena dalam berkarya selalu timbul tantangan-tantangan dan perlu dicari jalan keluarnya,” tuturnya.

Karya-karya Agnes pun pernah tampil di beberapa ajang fesyen bergengsi, antara lain Indonesian Night 2004 di Washington DC, The Masterpiece Show, Pacific Place 2011, Miss World Top Model Show 2013 di Bali, Fashion Tendance Hotel Mulia 2010, Indonesia Fashion Week 2018-2022, pendukung busana ibu-ibu tamu negara di acara Presidensi G20.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat