visitaaponce.com

Memaknai Sejarah dan Simbol pada Upacara Penobatan Raja Inggris

Memaknai Sejarah dan Simbol pada Upacara Penobatan Raja Inggris
Permata mahkota Kerajaan Inggris(AFP)

Pangeran Charles akan dinobatkan sebagai Raja Charles III yang akan menjadi pemimpin Kerajaan Inggris pada 6 Mei mendatang. Ritual ini akan memamerkan relik yang tidak biasa dan perhiasan terbaik dunia, yang tidak hanya memesona tetapi juga memperlihatkan hubungan fisik dan simbolis dengan masa lalu.

Berikut adalah beberapa di antaranya yang disarikan dari AFP.

Mahkota St. Edward

Benda yang digunakan untuk memahkotai Raja Charles terdiri dari emas padat, termasuk 400 batu permata seperti rubi dan safir, beratnya lebih dari dua kilogram dan dibuat pada 1661 ((lihat grafis).

"Ini bukan hanya permata berharga..., ini adalah beberapa permata terbaik yang berasal dari tambang yang sudah punah hari ini," kata Eddie LeVian, kepala eksekutif di merek perhiasan Le Vian, kepada AFP.

"Ketika tambang-tambang itu habis, tambang-tambang baru tidak menghasilkan kualitas-kualitas semacam itu. Ini adalah yang terbaik dari yang terbaik dan tak ternilai harganya."

Mahkota Negara Kekaisaran

Raja Charles juga akan mengenakan Mahkota Negara Kekaisaran, yang pernah digunakan untuk penobatan Raja George VI pada 1937 dan mengandung 2.868 berlian, 269 mutiara, 17 safir dan 11 zamrud. Potongan batu berlian Cullinan menghiasi bagian depan.

Mahkota Ratu Mary

Mahkota Ratu Mary akan digunakan untuk memahkotai permaisuri Camilla, tetapi tidak akan dilengkapi berlian Koh-i-Noor yang awalnya membentuk bagian tengahnya. Sebagai gantinya, batu legendaris, yang diklaim dimiliki oleh India ini, akan diganti dengan batu dari berlian Cullinan koleksi kerajaan.

"Dia dengan bijak memilih untuk menjadi panutan," kata LeVian, yang nenek moyangnya menjaga berlian Koh-i-Noor, ketika dimiliki oleh Shah Persia pada abad ke-18.

Berlian Cullinan

Ini adalah berlian terbesar yang pernah ditambang ketika ditemukan di Afrika Selatan pada 1905, dengan berat 621 gram dalam keadaan utuh.

Pemerintah Transvaal mempersembahkannya kepada Raja Edward VII pada hari ulang tahunnya yang ke-66 pada tahun 1907, sebagai tanda rekonsiliasi setelah Perang Boer Kedua (1899-1902).

Tongkat Kerajaan dengan Merpati

Tongkat emas yang dilengkapi dengan bola dunia, salib, dan merpati di atasnya ini didesain sebagai tongkat kerajaan yang melambangkan Roh Kudus dalam teologi Kristen.

Benda ini juga dikenal sebagai Tongkat Kesetaraan dan Belas Kasih. Hal ini dikaitkan dengan peran spiritual raja.

Tongkat Kerajaan dengan Salib

Raja Charles juga akan memegang tongkat kerajaan kedua yang mewakili kekuasaan monarki dan pemerintahan yang baik.

Potongan berlian tak berwarna terbesar di dunia, Cullinan I, berada di puncaknya. Beratnya 106g dan dikenal sebagai "Bintang Pertama Afrika".

Bola Penguasa

Bola itu melambangkan kekuatan raja dan dunia Kristen. Sepotong perhiasan emas dikelilingi oleh pita berlian, zamrud, rubi, safir, dan mutiara,  serta dilengkapi batu kecubung dan salib di atasnya.

Cross of Wales (salib Yesus)

Upacara tersebut juga akan menampilkan salib perak yang menurut Vatikan berasal dari salib yang digunakan untuk menyalib Yesus Kristus. Paus Fransiskus memberikan dua pecahan kecil "Salib Sejati" ini sebagai hadiah.

Rod with Dove

Ratu Camilla akan memegang tongkat gading selama upacara, meskipun ada seruan untuk tidak menggunakannya oleh kelompok hak asasi hewan.

Tongkat ini yang diatasnya terdapat burung merpati, telah digunakan oleh setiap permaisuri Inggris pada penobatan sebelumnya sejak 1685. Dia juga akan memegang tongkat emas yang di atasnya berhias salib.

Cincin penobatan

Cincin ini berasal dari penobatan Raja William IV tahun 1831. Namun, kala itu, Ratu Victoria tidak memakainya untuk penobatannya pada tahun 1838 karena jari-jarinya terlalu kecil.

Purple Robe of Estate

Dua belas penjahit dari Royal School of Needlework membutuhkan waktu 3.500 jam untuk membuat jubah yang terbuat dari sutra ini.

Kursi Penobatan

Digunakan oleh Raja Edward 1 pada tahun 1300, kursi yang terbuat dari kayu ek setinggi dua meter ini diyakini sebagai perabot tertua di Inggris Raya.

Kursi itu  dilengkapi dengan apa yang disebut Batu Takdir, simbol kuno monarki Skotlandia yang direbut Raja Edward I pada 1296. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat