visitaaponce.com

Kunjungi Inggris, Zelensky Minta Raja Charles Usir Rusia

Kunjungi Inggris, Zelensky Minta Raja Charles Usir Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky(AFP)

Raja Charles III menyambut kedatangan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Buckingham. Dalam pertemuan itu, Zelensky meminta bantuan Inggris untuk mengusir Rusia dari negaranya.

Dalam unggahan Instagramnya, Zelensky kembali mengungkapkan terima kasihnya atas dukungan Inggris pada Ukraina. Zelensky mengatakan, Inggris telah memberikan banyak dukungan kepada Ukraina dalam mengusir Rusia.

"Saya sangat senang bertemu Raja Charles. Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk menjadi Presiden Ukraina pertama dalam sejarah hubungan Ukraina-Inggris yang dihormati oleh raja Inggris," katanya.

Raja Charles sangat senang menerima kedatangan Zelensky ke Istana Buckingham. "Kami semua sudah lama mengkhawatirkanmu dan memikirkan negaramu, aku tidak bisa memberitahumu," kata Charles.

Sementara itu, dalam kunjungannya tersebut, salah satu hal yang dibahas Zelensky adalah meminta bantuan dari Inggris, mulai dari bantuan militer hingga pelatihan.

Terkait bantuan militer, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan, "Sangat jelas dalam hal penyediaan bantuan militer ke Ukraina dan tidak ada yang salah salah. Ketika datang ke angkatan udara tempur tempur, tentu saja mereka adalah bagian dari percakapan. Itu sebabnya kami telah mengumumkan hari ini bahwa kami akan melatih angkatan udara Ukraina pada platform standar NATO," lanjut Sunak.

Terkait dengan peralatan militer, Sunak menuturkan pemerintahnya sedang mempercepat pengiriman peralatan militer untuk memastikannya sampai ke Ukraina dalam beberapa minggu.

Sedangkan terkait pelatihan, sekitar 10.000 tentara Ukraina telah melakukan perjalanan ke Inggris untuk pelatihan militer, dan lusinan lainnya tiba beberapa hari yang lalu untuk mempelajari cara mengoperasikan tank Challenger 2.

Sunak mengatakan, tank Challenger akan berada di medan perang dalam hitungan minggu. (BBC/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat