visitaaponce.com

Bosan Jadi Orang Pelupa Lakukan Ini untuk Latih Daya Ingat

Bosan Jadi Orang Pelupa? Lakukan Ini untuk Latih Daya Ingat
Jarang orang memiliki kemampuan kerja memori dan memori jangka panjang sekaligus tanpa berlatih.(123RF)

Kekuatan ingatan bervariasi dari satu orang ke orang lain. Apa yang membedakan orang dengan kemampuan memori yang sangat baik dengan yang tidak?

Orang dengan kemampuan memori baik memiliki daya kerja memori yang kuat –mempertahankan informasi segera setelah mempelajarinya. Juga, memori jangka panjang –mengingat informasi yang diserap lebih dari sehari setelah menghafalnya. 

Sangat jarang seseorang menjadi mumpuni di dua jenis kemampuan memori itu tanpa latihan. Dr Tara Swart Bieber, seorang ahli saraf di MIT Sloan, merekomendasikan dua latihan otak sederhana yang ia lakukan setiap hari untuk meningkatkan memori kerja dan memori jangka panjang, seperti dikutip dari CNBC.com, Minggu (23/4).

1.Pecah informasi menjadi komponen lebih kecil

Pemecahan informasi melibatkan penguraian informasi yang panjang, acak, dan kompleks menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

Saat Anda melihat angka seperti “3-3-2-1-6-7”, misalnya, Anda dapat membaginya menjadi “33”, “21”, “67”.  Akan juga membantu untuk memberikan arti khusus pada angka-angka itu: "Saya berusia 33 tahun, atau saya mengenakan nomor 21 di sepak bola sekolah menengah, dan ayah saya lahir pada tahun '67," terang Bieber. 

Pemecahan informasi juga bagus untuk presentasi. Jika Anda gugup kehilangan kata-kata, buatlah daftar istilah dan frasa kunci yang perlu Anda tekan. Kemudian ucapkan dengan lantang beberapa kali untuk memasukkannya ke dalam pikiran Anda sebagai ‘pemandu’.

Latihan otak: Ingat nomor telepon orang terdekat dan tersayang Anda dengan memecahnya menjadi komponen yang lebih kecil, daripada hanya mengandalkan daftar kontak Anda. Lihat berapa banyak yang bisa Anda pertahankan.


2. Pengulangan ruang

Metode ini adalah tentang meningkatkan memori pada interval waktu yang semakin lama.

Jika Anda ingin mengingat suatu fakta, ucapkan dengan lantang beberapa kali tepat setelah Anda mempelajarinya. Lalu lakukan hal sama beberapa jam kemudian, lalu keesokan harinya, lalu minggu berikutnya.

Jika Anda merasa mulai melupakan informasi tersebut, mulailah proses dari awal lagi.

Latihan otak: Tuliskan daftar belanjaan Anda selama seminggu. Ulangi di kepala Anda (untuk masing-masing, visualisasikan item di pikiran Anda). Kemudian tutupi daftar itu dan latih dengan lantang. Saat Anda pergi ke toko di akhir minggu, lihat berapa banyak item yang dapat Anda ingat.

Lebih lanjut, Bieber mengemukakan, memberi perhatian penuh dan merawat diri juga akan membantu daya ingat Anda.

Setiap aktivitas yang merangsang mental akan meningkatkan kekuatan otak Anda, tetapi ada tiga langkah sederhana dan penting lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengisi bahan bakar otak Anda:

Banyak berolahraga

Satu studi menemukan bahwa penurunan kognitif hampir dua kali lebih umum di antara orang dewasa yang tidak aktif dibandingkan dengan mereka yang aktif.

Untuk orang dewasa, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas intensitas tinggi seminggu.

Pola makan yang sehat

Menurut Bieber, dirinya selalu memakan ‘pelangi’. Artinya, memakan makanan dari bahan-bahan pangan, utamanya bahan nabati, dengan warna bervariasi. 

“Terutama yang berada di ujung spektrum yang lebih gelap, seperti kangkung dan terong. Bahkan kopi dan cokelat hitam, dalam jumlah sedang, juga bagus. Ini semua mengandung polifenol tingkat tinggi, yang merupakan nutrisi kuat yang membantu mencegah penurunan kognitif,” ujarnya.

Kosongkan ruang kepala Anda

Dengan kehidupan yang begitu sibuk, mudah untuk merasa kewalahan oleh informasi. Tetapi, Anda dapat meredamnya dengan melakukan beberapa inventaris pribadi. Pikirkan tentang apa yang paling penting bagi Anda. Apa saja hal-hal yang dapat Anda ingat dengan mudah? Apa hal-hal yang cenderung Anda lupakan?

Setelah Anda memikirkan hal-hal itu, Anda dapat mulai membuat perubahan yang disengaja. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat