visitaaponce.com

Makin Trendi, Vinyl Kini Diburu Bocah SD

Makin Trendi, Vinyl Kini Diburu Bocah SD
Alif Zuhair, bocah SD penggemar vinyl.(MI/Fathurrozak )

DI tengah ramainya pengunjung Record Store Day Indonesia (RSDI) 2023 akhir pekan lalu, ada hal menarik. Selain anak-anak muda yang mengulik koleksi-koleksi vinyl dari sekitar 111 toko rilisan fisik yang melapak di Pasar Raya Blok M, Jakarta Selatan, ada satu pengunjung belia.

Dia adalah Alif Zuhair. Siswa kelas 5 sekolah dasar di Depok, Jawa Barat. Sabtu siang (6/5) itu, Alif ditemani kedua orangtuanya ikut berburu vinyl. Alif membeli vinyl album Glow On milik grup band hardcore punk AS, Turnstile. 

Itu adalah vinyl kedua Alif. Sebelumnya, ia telah memiliki piringan hitam dari musikus Boy Pablo. Di beberapa toko daring, vinyl Glow On dengan sampul merah muda seperti yang dibeli Alif itu dibanderol di antara harga Rp500 ribu-Rp600 ribuan.

Meski begitu, uang untuk membeli vinyl itu diperoleh Alif bukan dari orangtuanya. Melainkan dari tabungan dan uang ‘THR’ lebarannya. Selain vinyl, Alif juga memboyong pulang turntable pertamanya.

“Kalau vinyl, dia pakai uangnya sendiri. Baru kalau turntable saya belikan,” kata ayah Alif, Endry Irawan, kepada Media Indonesia di RSDI 2023 di Pasar Raya Blok M, Jakarta Selatan, Sabtu(6/5).

Alif mengenal vinyl dari Endry yang kebetulan saat muda bermain band. Kini, anaknya tersebut juga bermain gitar dan nge-band bersama para seniornya kelas 9. 

“Jadi kalau di rumah ya kami ngobrolnya musik.”

Sebelum vinyl, Alif sudah mengoleksi beberapa karya rilisan fisik cakram padat (CD). Di antaranya The Adams, rumahsakit, dan band punk asal Bogor, The Jansen.

“Ya mungkin dia pengin experience. Zaman saya dulu kan opsinya kaset atau CD. Kalau mau vinyl, lbujet terbatas. Sekarang vinyl sudah lebih aksesibel tapi saya bilang ke dia, nabung dulu, kalau mau beli (vinyl) dari duit sendiri,” tutup Endry. (M-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat